Kompas TV regional berita daerah

70 Persen Wilayah di Jawa Tengah Memasuki Musim Kemarau

Kompas.tv - 7 Juli 2020, 13:59 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Data dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kelas Satu Semarang menunjukkan 70 persen daerah di Jawa Tengah telah memasuki musim kemarau. BMKG memperdiksi, musim kemarau tahun ini cenderung basah dibandingkan dengan tahun 2019.

70% daerah di Jawa Tengah yang telah memasuki musim kemarau sejak akhir April hingga awal Juni hingga sekarang antara lain, Brebes, Tegal, Rembang, Blora, Pati dan Wonogiri. Sementara itu, 30% daerah lainnya di Jawa Tengah akan masuk musim kemarau pada akhir Juni atau awal Juli, seperti Kota Semarang.

Namun pada musim kemarau tahun ini cukup berbeda. Meski intensitas terik matahari cukup tinggi, namun beberapa wilayah di Jawa Tengah tetap mengalami hujan hingga akhir tahun.

Pada umumnya, puncak musim kemarau akan terjadi bulan Agustus. Namun ada pula daerah yang mengalami masa puncak kemarau pada September yakni sebagian Wonogiri, Demak, Jepara dan Pati. BMKG menghimbau agar daerah mulai menyiapkan antisipasi kekeringan pada musim kemarau.

#BMKG #MusimKemarau #JawaTengah



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x