Kompas TV klik360 cerita indonesia

Hebat! Membuat Sepeda Berbahan Limbah Kayu

Selasa, 7 Juli 2020 | 14:05 WIB

KLATEN, KOMPASTV - Di tengah-tengah booming sepeda sport, warga Klaten, Jawa Tengah justru membuat sepeda dari limbah kayu. Sudah ada enam buah sepeda dan satu sepeda motor yang dibuat, namun belum ada satupun yang dijual.

Inilah sepeda kayu buatan Sarijo, warga Brajan, Kecamatan Prambanan, Klaten, Jawa Tengah. Kesehariannya, Sarijo ikut orang bekerja sebagai tukang kayu.

Di sela-sela kesibukannya, pria yang mengaku belajar membuat sepeda secara otodidak ini, memanfaatkan limbah kayu atas seijin juragannya, Tularno.

Namanya juga limbah, sehingga sepeda kayu yang ia buat, bahannya berbagai jenis kayu. Ada kayu waru, nangka, mahoni, kayu jati, dan lain-lain.

Di tangan dingin Sarijo, limbah-limbah kayu itu menjelma menjadi sepeda berbagai ukuran, dan berbagai model. Roda sepeda paling besar berdiameter 122 centimeter untuk roda depan, dan 30 centimeter untuk roda belakang.

Setiap minggu, Sarijo dan kawan-kawannya selalu naik sepeda berkeliling. Keberadaan mereka selalu menjadi perhatian umum. Bila diparkir, sepeda kayu itu menjadi tempat untuk berselfie.

Sampai saat ini sudah ada beberapa orang yang menawar sepedanya, namun belum dilepas karena harganya belum cocok. Meskipun begitu, Sarijo mengaku akan terus berkreatifitas membuat sepeda kayu. 

Editor : Krisna Aditomo



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
02:38
HOTLINE KBRI BEIRUT +961 3199 493   TERCATAT 1.447 WNI BERADA DI LEBANON, 1.234 DI ANTARANYA ADALAH PASUKAN KONTINGEN GARUDA   KEMENLU TERUS PANTAU DAN PASTIKAN KONDISI WNI PASCA-LEDAKAN DI PELABUHAN BEIRUT, LEBANON   PERANCIS KIRIM 2 PESAWAT MILITER KE BEIRUT UNTUK BANTUAN PENCARIAN DAN PENYELAMATAN PASCA-LEDAKAN BESAR   SEBANYAK 300.000 PENDUDUK KEHILANGAN RUMAH AKIBAT LEDAKAN DI PELABUHAN BEIRUT, LEBANON   PRESIDEN LEBANON MICHEL AOUN JANJIKAN PENYELIDIKAN TRANSPARAN ATAS LEDAKAN DI PELABUHAN BEIRUT   ISRAEL BANTAH TERLIBAT DALAM LEDAKAN DI PELABUHAN BEIRUT, LEBANON   SEBANYAK 30 TENAGA KESEHATAN RSUD SOGATEN, KOTA MADIUN, TES "SWAB" SETELAH 1 DOKTER POSITIF TERINFEKSI KORONA   BUPATI OGAN ILIR, SUMATERA SELATAN, ILYAS PANJI ALAM, SEMBUH DARI KORONA   BUKA PARIWISATA UNTUK TURIS DOMESTIK, PEMPROV BALI FOKUS BANGUN KEPERCAYAAN WISATAWAN DI TENGAH PANDEMI   PENDAKIAN GUNUNG CIREMAI DI WILAYAH KUNINGAN, JABAR, DIBUKA KEMBALI MULAI SABTU, 8 AGUSTUS 2020   KEMENDIKBUD MINTA PEMKOT BEKASI HENTIKAN SIMULASI KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR TATAP MUKA DI 6 SEKOLAH   WALI KOTA BEKASI RAHMAT EFFENDI IMBAU WARGANYA TIADAKAN LOMBA 17-AN YANG SIFATNYA MENGUNDANG KERUMUNAN   DINKES DKI JAKARTA INGATKAN MASYARAKAT UNTUK BAHU-MEMBAHU ATASI PANDEMI KORONA