Kompas TV regional berita daerah

Harga Ayam Ditingkat Peternak Masih Stabil

Kompas.tv - 7 Juli 2020, 13:44 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Kenaikan harga ayam potong di pasaran justru tidak dirasakan oleh para peternak ayam di Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah. Karena harga perkilogram ayam potong ditingkat peternak belum naik.

Seperti peternakan ayam yang ada di Desa Kulu, Karanganyar, Kabupaten Pekalongan. Harga ayam pedaging di tingkat peternak masih Rp 18.000 per kilogram.

Harga tersebut merupakan kesepakatan antara peternak dengan mitra yang akan membeli ayam-ayam mereka ketika panen. Namun ketika harga di pasaran tinggi dan daging ayam besar, biasanya mitra akan memberi tambahan harga ke peternak.

Menurut salah satu peternak ayam pedaging mengaku, harga 18.000 rupiah per kilogram sudah dirasakan peternak sejak pandemi Covid-19. Peternak sendiri tidak mengetahui penyebab tingginya harga daging ayam potong di pasaran.

Namun diduga, naiknya harga ayam pedaging lantaran di masa pandemi tidak ada peternak yang menanam bibit. Sehingga di masa new normal tidak ada panen ayam dan membuat kelangkaan di pasaran.

Diharapkan, apabila harga daging ayam potong di pasaran naik berdampak pula pada peternak yang juga merasakan kenaikan harga.

#PeternakAyam #HargaAyam #Pekalongan



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x