Kompas TV regional berita daerah

UTBK di UNS Solo Terapkan Protokol Kesehatan Ketat

Kompas.tv - 7 Juli 2020, 13:07 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SOLO, KOMPAS.TV - Ketatnya protokol kesehatan sudah terasa sejak di pintu masuk Universitas Sebelaa Maret Solo, Jawa Tengah. Kendaraan pengantar peserta ujian, tidak diijinkan masuk. Peserta wajib menunjukkan nomor ujian, sementara keluarga yang mengantar tidak diijinkan masuk ke kompleks kampus. Dan di tempat ujian, para peserta wajib mencuci tangan dan diperiksa suhu tubuhnya.

Satu persatu peserta masuk, dan diberi sepasang sarung tangan lateks. Tempat duduknya pun berjarak, dan semua tetap harus mengenakan masker. Namun, tidak seketat pelaksanaan UTBK di Surabaya, karena peserta tidak wajib menjalani rapid test. Mereka hanya perlu melengkapi diri, dengan sejumlah pelindung seperti masker, pembersih tangan, dan lainnya.

Untuk peserta UTBK sendiri, tercatat ada 23.425 orang,  ada dua gelombang ujian yang dilakukan hingga 29 Juli mendatang. Dan masih ada gelombang cadangan, yang digelar tanggal 30 Juli hingga 2 Agustus 2020, untuk mengantisipasi halangan. Khusus untuk gelombang pertama, diperuntukkan bagi peserta dari wilayah Soloraya. Meski begitu, sesi pertama UTBK di Universitas Sebelas Maret Solo sempat terganggu, yakni server yang digunakan sempat mengalami down, sehingga proses ujian terhenti sementara.

Sementara itu, Universitas Diponegoro, Kota Semarang, juga menerapkan protokol ketat dalam pelaksanaan UTBK, dalam seleksi bersama masuk perguruan tingi negeri (SBMPTN) dari lembaga tes masuk perguruan tinggi (LTMPT)  tahun ini. Dalam protokol kesehatan yang diterapkan, peserta dengan suhu tubuh tidak memenuhi syarat akan diberi berita acara pemeriksaan dan memperoleh kesempatan direlokasi pelaksanaan ujiannya pada tahap berikutnya.

UTBK di Undip Kota Semarang yang semula akan digelar empat sesi dikurangi menjadi dua sesi setiap hari, dan jarak antara satu peserta dengan peserta yang lain minimal 1,5 meter, karena pandemi Covid-19.

Pelaksanaan UTBK di Undip Kota Semarang yang dimulai 5 Juli diikuti 23.092 peserta. Pelaksanaannya terbagi dalam dua tahap, tahap satu 5 hingga 12 Juli dan tahap dua 20 hingga 29 Juli 2020.

#UTBK #UNS #UNDIP

 

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.