Kompas TV regional berita daerah

Alat Terapi Pasien Covid Buatan LIPI Diserahkan Kepada RSHS

Kompas.tv - 7 Juli 2020, 12:34 WIB
Penulis : KompasTV Bandung

BANDUNG. KOMPAS. TV - Lembaga ilmu pengetahuan indonesia atau lipi, menyerahkan 1 unit alat terapi oksigen beraliran tinggi yang diberi nama high flow nasal cannula. Alat ini dapat membantu penanganan pasien covid 19 yang mengalami gangguan pernafasan , agar tidak gagal nafas .

Sebelumnbya dalam rangka Mendukung upaya penanganan wabah korona ,  lembaga ilmu pengetahuan indonesia atau lipi ,menciptakan alat terapi oksigen beraliran tinggi,  yang diberi nama high flow nasal cannula atau HFNC. Alat ini dapat membantu menangani gangguan pernafasan pada pasien covid 19 .

Alat terapi oksigen beraliran tinggi ini, sudah lolos uji dari balai pengamanan fasilitas kesehatan kementrian kesehatan. Lipi melakukan riset untuk inovasi ini sejak april 2020,  dan pengembagannya merupakan hasil kerja sama riset , antara lipi dan pt gerlink utama mandiri , dalam bentuk kolaborasi pengembangan produk dan pemasarannya .

Alat ini  sangat berguna untuk pasien positif covid 19  maupun yang berstatus odp maupun pdp, sebagai bantuan tahap awal jika pasien masih dalam kondisi dapat bernafas sendiri. Alat ini mencegah pasien  tidak sampai gagal nafas dan tidak harus diinkubasi menggunakan ventilator .

Alat terapi oksigen beraliran tinggi ini dijual seharga 38 juta rupiah, lebih murah ketimbang produk buatan cina, dengan fungsi yang sama , alat ini dapat diproduksi 100 unit perbulan.

Untuklebihtahuberitater-update seputarJawa Barat, bisaklink link di bawah .

IG :https://www.instagram.com/kompastvjabar/

Youtube :https://www.youtube.com/c/kompastvjawabarat/

Twitter :https://www.twitter.com/kompastv_jabar/

Facebook :https://www.Facebook.com/kompastvjabar/



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.