Kompas TV klik360 cerita indonesia

Ori017 Tawarkan Investasi Aman

Selasa, 7 Juli 2020 | 11:40 WIB

KOMPASTV - Pandemi, membuat perilaku masyarakat banyak berubah. Salah satunya, kesadaran untuk memiliki dana aman pada masa krisis.

Karakteristik ORI -017 yang aman karena dijamin oleh pemerintah, memiliki tingkat risiko yang rendah, dan kepastian imbal hasil, membuat ORI017 jadi rebutan para investor. Segmentasi investornya pun beragam, mulai dari wiraswasta, karyawan, sampai ibu rumah tangga.

Baca Juga: Strategi Investasi Saham di Pusaran Corona

Direktorat Jenderal Pembiayaan Dan Pengelolaan Risiko Kementerian Keuangan, Deni Ridwan, menilai pandemi dan PSBB menjadi faktor dorongan utama masyarakat mulai melirik investasi jangka pendek.

Sampai 6 juli 2020 penjualan ORI017 sudah mencapai  13,15 Triliun Rupiah. Latar belakang investor didominasi oleh wiraswasta kemudian karyawan swasta dan ibu rumah tangga. Kalo kita lihat dari asal para investor ini berasal ari DKI Jakarta, Jawa Barat dan Jawa Timur. Melihat tingginya minat investor melebihi target kami 10 Triliun” Kata Deni Ridwan, Dirjen Pembiayaan Dan Pengelolaan Risiko Kemenkeu.

Baca Juga: Pilihan Investasi di Surat Utang Negara, Seberapa Menguntungkan?

Menurut Mike Rini, ORI017 cenderung memiliki keunggulan dibanding tabungan deposito, seperti jumlah minimal setoran, suku bunga yang ditawarkan, dan kemudahan untuk menjual kembali di pasar sekunder.

“Cocok bagi investor pemula yg memiliki dana tidak terlalu besar. Karena ORI017 ini memang ditawarkan dalam harga yang cukup terjangkau yaitu 1 Jutaan. Sehingga first jober, milenals yg belum memiliki dana cukup besar akan mampu membeli ORI ini. ORI ini juga cocok bagi investor jangka menengah satu hingga tiga tahun, Ujar Mike Rini, Perencana Keuangan.

Baca Juga: Pilihan Investasi Apa yang Lebih Cuan Saat Kondisi Ekonomi Melemah?

Namun, meskipun ORI017 punya keunggulan dapat diperjualbelikan kembali di pasar sekunder, tetapi tidak ada yang dapat menjamin, harga jual ORI akan lebih tinggi dibanding harga beli di awal.

Penerbitan ORI017 ini mulanya dilakukan pemerintah, untuk berperan dalam pembiayaan APBN terkait penanganan Covid 19.

Tingginya antusias investor terhadap ORI017, dapat memberi sedikit angin segar bagi kondisi fiskal negara.

Editor : Anas Surya



VIDEO REKOMENDASI

BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
14:01
PT ANGKASA PURA II: BANDARA SOEKARNO-HATTA AKAN MENGOPERASIKAN “HELIPORT” KOMERSIAL MULAI 23 AGUSTUS 2020   IMBAS PROYEK MRT FASE 2A RUTE BUNDARAN HI-KOTA, SEBANYAK 867 POHON DIGANTI DAN DIRELOKASI   TAHUN INI, SEBANYAK 117 ORANG LULUS SELEKSI ADMINISTRASI CALON HAKIM AGUNG DAN HAKIM AD HOC DI MAHKAMAH AGUNG   BMKG MEMPREDIKSI GELOMBANG DENGAN TINGGI 4-6 METER AKAN MELANDA PANTAI SELATAN YOGYAKARTA HARI INI   PEMERINTAH ALOKASIKAN RP 60 MILIAR UNTUK SANTUNAN BAGI TENAGA KESEHATAN YANG MENINGGAL DUNIA SAAT TANGANI COVID-19    KEJAGUNG DUGA JAKSA PINANGKI SIRNA MALASARI TERIMA UANG SUAP 500.000 DOLLAR AS ATAU SEKITAR RP 7 MILIAR   SEBANYAK 17 PEGAWAI POSITIF KORONA, DINAS ESDM JABAR BERLAKUKAN SISTEM BEKERJA DARI RUMAH ATAU “WORK FROM HOME”    HINGGA 12 AGUSTUS 2020, RSD COVID-19 WISMA ATLET KEMAYORAN TANGANI 1.245 PASIEN POSITIF KORONA   POLRI ANCAM COPOT KAPOLSEK, KAPOLRES, HINGGA KAPOLDA YANG TAK SERIUS DALAM PENCEGAHAN COVID-19    WAKIL KETUA DPR SUFMI DASCO AHMAD BERHARAP BANTUAN RP 28 TRILIUN BAGI UMKM BISA DORONG EKONOMI DI TENGAH PANDEMI    BIN TEGASKAN FOTO DI MEDIA SOSIAL YANG MENAMPILKAN JAKARTA SEBAGAI ZONA HITAM COVID-19 ADALAH HOAKS   SATGAS PENANGANAN COVID-19: TINGKAT KEMATIAN AKIBAT KORONA DI INDONESIA MENCAPAI 4,5 PERSEN & DUNIA 3,64 PERSEN   PAN AKAN MENGUSUNG PUTRA PRESIDEN JOKOWI, GIBRAN RAKABUMING, DAN PASANGANNYA TEGUH PRAKOSA PADA PILKADA SOLO 2020   MAKIN PRODUKTIF DENGAN KOMPAS DIGITAL & GRAMEDIA PREMIUM DIGITAL. AKSES: KLIK.KOMPAS.ID/PAKETDIGITAL