Kompas TV nasional berita kompas tv

MenPAN-RB Tjahjo Kumolo: Tak Ada Penerimaan CPNS Selama 2 Tahun, Kecuali Akpol dan Akmil

Selasa, 7 Juli 2020 | 05:19 WIB
menpan-rb-tjahjo-kumolo-tak-ada-penerimaan-cpns-selama-2-tahun-kecuali-akpol-dan-akmil
Menpan RB Tjahjo Kumolo sebelum pelantikan menteri-menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/10/2019). (Sumber: KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO)

JAKARTAKOMPAS TV - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB), Tjahjo Kumolo, mengatakan pemerintah tidak akan membuka penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dalam dua tahun ke depan.

Namun demikian, hal tersebut tak berlaku sepenuhnya. Ada pengecualian. Untuk penerimaan sekolah kepolisian dan militer, tetap akan dilaksanakan.

Baca Juga: Gaji Ke-13 PNS Belum Bisa Cair, Pemerintah Masih Fokus Penanganan Covid-19

Menurut MenPAN-RB Tjahjo Kumolo, saat ini penerimaan PNS akan dilakukan sesuai kebutuhan. Artinya, pihaknya akan benar-benar ketat dengan melihat data kebutuhan terlebih dahulu.

"Rekrutmen CPNS, dua tahun ini enggak ada. Kecuali kedinasan yang memang sudah terprogram. Akpol (Akademi Polisi), Akmil (Akademi Militer) tetap (dilaksanakan) di 2021," kata Tjahjo di Gedung DPR, Jakarta, Senin (6/7).

Tjahjo menjelaskan, tak diadakannya penerimaan CPNS selain imbas virus corona atau Covid-19, Presiden Jokowi memerintahkan untuk menyederhanakan birokrasi dan mempercepat perizinan.

Baca Juga: Tak Mengajar Selama 4 Tahun, PNS Guru SMP Ini Ternyata Sibuk Bisnis Narkoba

Tak hanya itu, Tjahjo menambahkan langkah tersebut dinilai dapat memangkas anggaran cukup besar.

Editor : Tito Dirhantoro

1
2
3



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
14:11
BAWASLU DEPOK, JAWA BARAT, INGATKAN ASN UNTUK BERSIKAP NETRAL DI PILKADA 2020   MANTAN MENTERI KESEHATAN SITI FADILAH SUPARI BEBAS DARI PENJARA PAGI INI   POLISI TAHAN DUA TERSANGKA PENGEROYOKAN DUA ANGGOTA TNI OLEH KELOMPOK MOTOR HARLEY-DAVIDSON DI BUKITTINGGI, SUMBAR   KEMLU SEBUT ADA 5 KASUS BARU WNI TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19 DI AUSTRALIA, TIMOR LESTE, DAN BELGIA   KEMLU: WNI POSITIF COVID-19 DI LUAR NEGERI 1.699 ORANG, 1.244 SEMBUH, 154 MENINGGAL, & 301 DALAM PERAWATAN   INGGRIS TERAPKAN PENGUNCIAN NASIONAL BARU MULAI RABU, 4 NOVEMBER-1 DESEMBER 2020, AKIBAT PANDEMI COVID-19   MENKEU SRI MULYANI MENGATAKAN KRISIS COVID-19 MENJADI KESEMPATAN PERKUAT FONDASI NEGARA   TIONGKOK LAPORKAN 33 KASUS BARU COVID-19   JUBIR SATGAS PENANGANAN COVID-19: JUMLAH KASUS AKTIF DI INDONESIA SEMAKIN MENURUN   KORBAN GEMPA BERMAGNITUDO 7 DI TURKI BERTAMBAH MENJADI 24 ORANG MENINGGAL DAN 804 LUKA LUKA   SATGAS PENANGANAN COVID-19 SIAPKAN 23.145 PETUGAS VAKSINASI   UNI EROPA DAN NATO MENYATAKAN SIAP MEMBERIKAN BANTUAN KEPADA TURKI DAN YUNANI YANG TERDAMPAK GEMPA BERMAGNITUDO 7   WAKIL KETUA MPR LESTARI MOERDIJAT MINTA MASYARAKAT DISIPLIN JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN MESKI LIBURAN    KEPALA BIRO HUKUM DAN HUMAS MAHKAMAH AGUNG, ABDULLAH, MENINGGAL DUNIA