Kompas TV nasional berita kompas tv

MenPAN-RB Tjahjo Kumolo: Tak Ada Penerimaan CPNS Selama 2 Tahun, Kecuali Akpol dan Akmil

Selasa, 7 Juli 2020 | 05:19 WIB
menpan-rb-tjahjo-kumolo-tak-ada-penerimaan-cpns-selama-2-tahun-kecuali-akpol-dan-akmil
Menpan RB Tjahjo Kumolo sebelum pelantikan menteri-menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/10/2019). (Sumber: KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO)

JAKARTAKOMPAS TV - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB), Tjahjo Kumolo, mengatakan pemerintah tidak akan membuka penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dalam dua tahun ke depan.

Namun demikian, hal tersebut tak berlaku sepenuhnya. Ada pengecualian. Untuk penerimaan sekolah kepolisian dan militer, tetap akan dilaksanakan.

Baca Juga: Gaji Ke-13 PNS Belum Bisa Cair, Pemerintah Masih Fokus Penanganan Covid-19

Menurut MenPAN-RB Tjahjo Kumolo, saat ini penerimaan PNS akan dilakukan sesuai kebutuhan. Artinya, pihaknya akan benar-benar ketat dengan melihat data kebutuhan terlebih dahulu.

"Rekrutmen CPNS, dua tahun ini enggak ada. Kecuali kedinasan yang memang sudah terprogram. Akpol (Akademi Polisi), Akmil (Akademi Militer) tetap (dilaksanakan) di 2021," kata Tjahjo di Gedung DPR, Jakarta, Senin (6/7).

Tjahjo menjelaskan, tak diadakannya penerimaan CPNS selain imbas virus corona atau Covid-19, Presiden Jokowi memerintahkan untuk menyederhanakan birokrasi dan mempercepat perizinan.

Baca Juga: Tak Mengajar Selama 4 Tahun, PNS Guru SMP Ini Ternyata Sibuk Bisnis Narkoba

Tak hanya itu, Tjahjo menambahkan langkah tersebut dinilai dapat memangkas anggaran cukup besar.

Penulis : Tito Dirhantoro





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
15:42
WHO: VARIAN DELTA JENIS VIRUS KORONA TERCEPAT DAN TERKUAT, VAKSINASI HARUS DIPERCEPAT   VAKSIN COVID-19 SPUTNIK V TELAH DIGUNAKAN DI 40 NEGARA   WHO TEMUKAN MASALAH DI SITUS PRODUKSI VAKSIN COVID-19 BUATAN RUSIA, SPUTNIK V   MANTAN PRESIDEN FILIPINA BENIGNO AQUINO III MENINGGAL DUNIA SETELAH SAKIT BEKERPANJANGAN   MENHUB BUDI KARYA SUMADI SEBUT PENGEMBANGAN PELABUHAN ANGGREK DI GORONTALO DIMULAI TAHUN INI   BALE KOTA TASIKMALAYA DITUTUP SEMENTARA SELAMA SEPEKAN SETELAH PLT WALI KOTA M YUSUF POSITIF COVID-19   PLT WALI KOTA TASIKMALAYA M YUSUF POSITIF TERINFEKSI COVID-19   POLISI TANGKAP 200 SIMPATISAN RIZIEQ SHIHAB DI PN JAKARTA TIMUR, ADA YANG MEMBAWA SENJATA TAJAM   RIZIEQ SHIHAB AJUKAN BANDING ATAS VONIS 4 TAHUN PENJARA DALAM PERKARA KASUS TES USAP DI RS UMMI BOGOR   TERBUKTI SEBAR BERITA BOHONG DAN BUAT ONAR, RIZIEQ SHIHAB DIVONIS 4 TAHUN PENJARA DALAM KASUS TES USAP DI RS UMMI BOGOR   KEMENPERIN GANDENG ASOSIASI GAS INDUSTRI INDONESIA (AGII) JAGA PASOKAN OKSIGEN RS YANG MENANGANI COVID-19   IKATAN DOKTER ANAK INDONESIA: 2.972 ANAK DI BANTEN POSITIF COVID-19, TERJANGKIT DARI ORANGTUA YANG ABAI PROKES   KEMENDIKBUD-RISTEK AKUI PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI BANYAK DAERAH BELUM OPTIMAL KARENA BANYAK KENDALA   KEMENDIKBUD-RISTEK: JIKA PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS DILAKUKAN SAAT INI, MAKA BISA ATAS "LEARNING LOSS"