Kompas TV regional berita daerah

Warga Keluhkan Tagihan PDAM Palembang Naik Berlipat

Kompas.tv - 7 Juli 2020, 00:18 WIB
Penulis : KompasTV Palembang

PALEMBANG,KOMPAS.TV-Pelanggan PDAM Tirta Musi Palembang terkejut, setelah tagihan pemakaian air mereka Juli mendadak melonjak hingga 100 persen.

PDAM mengakui terjadinya hal itu, namun di saat yang sama pihaknya mencatat adanya kenaikan pemakaian air saat pandemi korona.

Pelanggan PDAM Tirta Musi Palembang resah, setelah tagihan pemakaian air mereka Juli mendadak melonjak hingga 100 persen.

Hanani, pelanggan PDAM Tirta Musi, mengalami kenaikan tagihan hampir 30 kali lipat.

Ia mengaku biasanya, tagihannya hanya 50 ribu rupiah dalam sebulan, namun bulan Juli, tagihannya membengkak hingga 1.500.000 rupiah.

Padahal menurutnya, pemakaiannya dalam beberapa bulan terakhir terhitung normal. Ia pun telah menyampaikan keluhannya ke PDAM Tirta Musi namun belum berencana membayar tagihan airnya segera.

Direksi Pdam Tirta Musi, mengakui adanya lonjakan tagihan bulan Juli 2020.

Pihaknya memang tidak melakukan pembacaan meteran pada April dan Mei menghindari penularan korona.

Untuk pemakaian Mei ditentukan berdasarkan perkiraan bulan sebelumnya.

Namun pada Juni, pembacaan meteran sudah dilakukan kembali, sekaligus dilakukan penyesuaian pemakaian berdasarkan angka yang tertera di meteran.

Dirut PDAM Tirta Musi, Andi Wijaya, mengatakan, pihaknya bersedia melakukan evaluasi kasus per kasus termasuk akan memperhitungkan selisih angka dan menyesuaikannya di tagihan berikutnya.

PDAM Tirta Musi juga menegaskan tidak ada kenaikan tarif untuk pelanggan air bersih rumah tangga.

PDAM Tirta Musi mencatat selama pandemi covid dan masa bekerja dari rumah, terjadi peningkatan penggunaan air khususnya pada pelanggan rumah tangga.

#pdamtirtamusi #palembang #tagihannaik



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x