Kompas TV regional berita daerah

Optimisme Konsumen Di Sumsel Melemah Terhadang Korona

Kompas.tv - 6 Juli 2020, 23:19 WIB
Penulis : KompasTV Palembang

PALEMBANG,KOMPAS.TV-Survey konsumen pada kondisi ekonomi di Sumsel melemah, hasil survey Bank Indonesia Perwakilan Sumatera Selatan. Itu disebabkan dampak covid 19 yang memukul hampir seluruh sektor ekonomi.

Survey Konsumsen Bank Indonesia Wilayah Sumsel, di triwulan kedua 2020, menyebut, Indeks Keyakinan Konsumen atau IKK turun tajam 88,39 dari triwulan sebelumnya, 136,55, akibatnya optimisme masyarakat Sumsel pada kondisi ekonomi melemah, dibawah 100.

Penurunan IKK disebabkan indeks kondisi ekonomi saat ini atau IKE yang terjun bebas ke 54,33 dari sebelumnya 125,67 dengan faktor utama ketersediaan lapangan kerja, yang turun minus 94,55 dalam satu triwulan menjadi 27,89, dan terindikasi adanya pengurangan tenaga kerja di sejumlah sektor usaha karena pandemi covid 19.

Penurunan juga diikuti komponen lainnya seperti indeks konsumsi barang tahan lama yang turun 69,89 dari sebelumnya 132,89, karena pembatasan aktivitas ekonomi dalam mencegah penyebaran covid 19, menyebabkan transaksi ekonomi menurun.

Namun, terang, Hari Widodo, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumsel, masyarakat Sumsel masih optimis terhadap perkiraan kondisi ekonomi selama enam bulan kedepan, hal ini berdasarkan indeks ekspektasi ekonomi atau IEK di triwulan kedua 2020 sebesar 122,44 lebih rendah dibanding triwulan sebelumnya sebesar 147,44.

#bi #konsumen #sumsel



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.