Kompas TV nasional sosial

Peluncuran Bulan Kemerdekaan, Menparekraf Wishnutama: Saatnya Tunjukkan Indonesia Bisa Bangkit

Kompas.tv - 6 Juli 2020, 22:35 WIB
peluncuran-bulan-kemerdekaan-menparekraf-wishnutama-saatnya-tunjukkan-indonesia-bisa-bangkit
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio saat Konferensi Pers Bulan Kemerdekaan HUT Republik Indonesia, bersama Mensesneg Pratikno dan pejabat tinggi lainnya, Senin (6/7/2020) (Sumber: Dok Kemenparekraf/Barekraf RI)
Penulis : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah meluncurkan program "Bulan Kemerdekaan" yang akan menghadirkan serangkaian kegiatan dalam rangka menyambut HUT Ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Baca Juga: Akibat Covid-19, Mensesneg: Perayaan Bulan Kemerdekaan Indonesia Dilaksanakan Terbatas dan Virtual

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio mengatakan, rangkaian kegiatan "Bulan Kemerdekaan" itu pada awal Juli 2020 dengan peluncuran logo HUT ke-75 RI dan sosialisasi kegiatan penghormatan penaikan bendera. 

Yakni seluruh masyarakat Indonesia diharapkan dapat berdiri dengan sikap sempurna dan ikut menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya secara serentak ketika mendengar sirine, dentuman meriam, dan sirine panjang di Istana Negara pada hari kemerdekaan 17 Agustus 2020.

"Saat upacara penaikan bendera pukul 10.00 akan ada bunyi sirine dan kira-kira pukul 10.15 akan ada bunyi sirine kedua yang panjang, saat itulah diharapkan seluruh masyarakat untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya," ujar Wishnutama, di Gedung Utama Kantor Sekretaris Negara, Senin (6/7/2020) saat peluncuran bulan kemerdekaan RI.

Upacara penaikan dan penurunan bendera nantinya akan disiarkan secara langsung secara serentak di seluruh stasiun televisi nasional, televisi lokal, serta disiarkan secara live streaming di sosial media.

Selain itu, pada 30 menit sebelum upacara penaikan bendera dan 60 menit sebelum upacara penurunan bendera telah disiapkan acara khusus yang menampilkan suguhan seni dan budaya dengan penampilan dari berbagai musisi dan penyanyi. 

Di acara tersebut, juga akan diisi dengan video tentang peringatan 75 tahun Kemerdekaan RI di tengah pandemi. 

"Harapan, optimisme, dan rasa cinta tanah air harus semakin menguat meski Indonesia sedang dihadapkan pada kesulitan," tutur Wishnutama.

Termasuk video sosialisasi mengajak masyarakat untuk tetap berkarya dan beradaptasi dengan kehidupan normal baru. 

Baca Juga: Masih Pandemi Corona, Pemerintah Gelar Rapat Terkait HUT Kemerdekaan Indonesia

"Hari ini seluruh dunia sedang dilanda pandemi yang berdampak pada setiap lapisan masyarakat. Saatnya kita tunjukkan pada dunia bahwa kita bisa bangkit bersama memenangkan segala tantangan yang ada dan bergotong royong menuju Indonesia Maju," kata Wishnutama.

Ia menjelaskan, dalam rangka memeriahkan HUT ke-75 Kemerdekaan RI itu juga akan digelar lomba digital berupa videografi/fotografi untuk mempercantik lingkungan dengan menjaga protokol kesehatan.

Kali ini akan mengusung tema "Lingkungan Bersih, Indah, Sehat, Kreatif untuk Indonesia Kuat".

"Saatnya kita membuktikan bahwa Indonesia adalah bangsa yang besar, dan mampu menghadapi segala macam tantangan bersama. Keterbatasan saat ini seharusnya dijadikan momentum bagi anak bangsa untuk berkreativitas dan berinovasi. Indonesia adalah bangsa yang kuat karena persatuan," ungkap Wishnutama.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x