Kompas TV nasional peristiwa

Banyak yang Ragukan Kalung Antivirus Corona, Kementan Diminta Tunda Produksi Massal

Kompas.tv - 6 Juli 2020, 11:40 WIB
banyak-yang-ragukan-kalung-antivirus-corona-kementan-diminta-tunda-produksi-massal
Prototipe antivirus corona eucalyptus oleh Kementan. (Sumber: DOK. Humas Kementerian Pertanian)
Penulis : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Anggota Komisi IX DPR Saleh Daulay mendorong Kementerian Pertanian (Kementan) untuk meneliti lebih akurat produk antivirus corona. Pasalnya banyak peneliti yang masih ragu soal keampuhan antivirus berbahan eucalyptus.

"Banyak peneliti yang masih meragukan. Merekalah yang paling bisa memberikan 'justifikasi' terhadap temuan-temuan seperti itu," kata Saleh dalam keterangan tertulisnya, Senin 6 juli 2020.

Atas dasar itu, Saleh menyarankan, Kementan menunda rencana produksi massal produk antivirus corona. Lalu, melibatkan lembaga riset lainnya untuk menguji keefektifan produk tersebut lebih dulu.

Baca Juga: Soal Kalung Antivirus Corona, Tompi: Ini Apa-apaan Sih?

Berdasar informasi yang terima Saleh, produk antivirus corona baru melalui uji laboratorium terhadap influenza, beta, dan gamma corona.

Artinya, sambung saleh, belum ada uji spesifik terhadap virus penyebab corona yaitu sars-cov-2.

"Karena itu belum bisa diklaim sebagai antivirus corona," tegas Saleh.

Lebih lanjut, Saleh mengingatkan Kementan untuk berhati-hati menyikapi penanganan virus corona yang menjadi masalah dunia.

Saat ini, sambung Saleh, negara-negara di dunia sedang berupaya mengembangkan vaksin korona.

"Kalau benar, ini bisa menjadi temuan besar. Sebaliknya jika tidak benar, takutnya nanti kita diolok-olok orang," ujarnya.

Terpisah, Wakil Ketua Komisi IV Fraksi PKB Daniel Johan minta Mentan Syahrul Yasin Limpo fokus urus pangan ketimbang membuat produk antivirus corona. 

"Lebih baik, Kementan fokus untuk mengamankan pangan dan kesejahteraan petani, karena tugas pokoknya mengamankan pangan dan meningkatkan kesejahteraan petani," ujarnya.

Baca Juga: Kementan Sebut Kalung Antivirus Ini Adalah Langkah Awal dari Inovasi



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.