Kompas TV nasional politik

Forum Rektor dan Tokoh Budaya Dinilai Bisa Jembatani Komunikasi Risma dan Khofifah

Kompas.tv - 6 Juli 2020, 05:10 WIB
forum-rektor-dan-tokoh-budaya-dinilai-bisa-jembatani-komunikasi-risma-dan-khofifah
Walikota Surabaya Tri Rismahirini (kiri) dan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. (Sumber: Kolase SURYA.co.id/Yusron Naufal Putra/Kompas.com)
Penulis : Fadhilah

KOMPAS.TV - Pakar komunikasi Universitas Airlangga (Unair) Dr Suko Widodo menyoroti sering terjadinya silang pendapat antara antara Pemkot Surabaya dengan Pemprov Jawa Timur (Jatim).

Menurut dia, kedua pemimpin yakni Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa kerap berbeda data dan informasi soal penanganan pandemi virus corona (Covid-19).

Yang menjadi persoalan yakni penyampaian komunikasi serta koordinasi yang buruk.

Baca Juga: Pakar Unair Kritik Balik Risma: Pemimpin Harus Mau Dinilai dan Mendengar

"Ini miskomunikasi. Komunikasi pemerintah Kota Surabaya dan Pemprov Jawa Timur tidak berlangsung dengan bagus. Masing-masing punya ego masing-masing," katanya saat wawancara dengan Rosianna Silalahi pada Program ROSI, KOMPAS TV, belum lama ini.

Suko kembali berpesan dalam hal ini bahwa kuncinya Risma dan Khofifah butuh tim yang harus menyediakan informasi akurat.

Menurutnya, birokrasi harus bisa menyambung. Bisa pula menggunakan tenaga ahli untuk menyediakan informasi yang sifatnya ilmiah.

"Seorang pemimpin saya kira harus mau dinilai mau mendengar. Jadi kuncinya, Bu Risma dan Bu Khofifah perlu disediakan informasi yang akurat. Tim inilah yang saya kira harus dilakukan," ucapnya.

Kemudian, Suko menambahkan, yang punya peran besar dalam 'mendamaikan' Risma dan Khofifah yakni forum rektor dan budayawan.

"Saya kira ada dua, pertama forum rektor atau para tokoh-tokoh kebudayaan. Itu lebih bisa menyelesaikan. Nah, ruang itu selama ini tidak tersedia," tuturnya.

"Dewan kebudayaan, dewan pendidikan, forum rektor, itu kan kekuatan yang besar yang bisa menjembatani hubungan itu. itu tidak pernah dipakai oleh keduanya," imbuhnya.

Baca Juga: Jokowi Minta Koordinasi Penanganan Corona Jatim Diperbaiki, Sindir Khofifah dan Risma?

Saling Terima Data Informasi

Suko sebelumnya juga mengkritik Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini terkait dengan data dan informasi Pemkot Surabaya.

Suko menilai bahwa ada kesalahan persepsi soal data dan informasi yang Risma dapatkan dari anak buahnya.

Sebagai pemimpin, Risma seharusnya menerima data dari berbagai pihak, bukan hanya dari bawahannya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x