Kompas TV nasional peristiwa

Polisi: Ledakan di Jalan Yusuf Adiwinata Jauh dari Tindakan Teroris

Kompas.tv - 5 Juli 2020, 23:42 WIB
polisi-ledakan-di-jalan-yusuf-adiwinata-jauh-dari-tindakan-teroris
Polisi dan Tim Identifikasi melakukan penyisiran di lokasi ledakan di Jalan Yusuf Adiwinata, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (5/7/2020). Ledakan itu menyasar ke Mitsubishi Pajero hitam yang terparkir di lokasi kejadian. (Sumber: Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha)
Penulis : Johannes Mangihot

JAKARTA, KOMPASTV - Kepolisian meyakini ledakan low eksplosive dari sejenis petasan yang terjadi di Jalan Yusuf Adiwinata, Menteng tidak terindikasi dengan aksi teroris.

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol. Heru Novianto menjelaskan biasanya aksi teroris selalu mencari korban dan bahan yang digunakan dapat membahayakan orang sekitar.

Menurutnya jika dilihat dari serpihan ledakan di Jalan Yusuf Adiwinata masuk dalam kategori low eksplosive.

Baca Juga: Sebelum Terdengar Ledakan Saksi Lihat Orang Naik Motor Lempar Bungkusan Plastik

Selain itu kejadian tersebut tidak tidak melukai orang maupun mengakibatkan meninggalnya orang. Kerugiannya hanya ban depan kiri mobil Mitsubishi Pajero hitam yang terparkir di lokasi kejadian.

Kendati demikian, Heru menegaskan pihaknya tetap menelusuri kemungkinan aksi tersebut merupakan tindakan  teroris.

Termasuk mendalami motif pelaku melempar benda yang memunculkan ledakan ke mobil Mitsubishi Pajero hitam yang terparkir di Jalan Yusuf Adiwinata. Hasil pemeriksaan pemilik mobil tersebut merupakan bos perusahaan swasta.

"Masih jauh untuk teroris, kami belum menyimpulkan, butuh pemeriksaan lebih dalam lagi," ujarnya di lokasi kejadian, Minggu (5/7/2020). Dikutip dari Antara.

Baca Juga: Polisi: Ledakan di Jalan Yusuf Adiwinata Bukan Bom Rakitan, Tapi Sejenis Petasan

"Kita belum tahu targetnya itu siapa, kita masih dalami. Masih mengumpulkan saksi-saksi," sambung Heru.

Heru mengungkapkan hasil olah tempat kejadian perkara, ledakan bukan dari bom rakitan melainkan sejenis petasan.

Hal ini diketahui karena ledakan berdaya ledak rendah dan tidak menimbulkan kerusakan yang signifikan.

Kepolisian dan tim gegana juga telah mengumpulkan barang bukti, mulai dari serpihan ledakan, kamera pengawas serta keterangan saksi-saksi.

Baca Juga: Polisi Periksa Pemilik Mitsubishi Pajero yang Jadi Sasaran Ledakan di Jalan Yusuf Adiwinata Menteng

“Kita akan simpulkan setelah pemeriksaan selesai,” ujar Heru.

Saat ini garis polisi di lokasi telah dicabut. Tim gegana sudah meninggalkan lokasi kejadian dan beberapa kepolisian masih berjaga di lokasi.

Peristiwa ledakan ini terjadi sekitar pukul 15.00 WIB. Setalah kejadian kepolisian menutup akses Jalan Yusuf Adiwinata sekitar pukul 16.00 wib dan olah tempat kejadian perkara dilakukan sekitar pukul 18.00 WIB hingga pukul 21.30.

 



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.