Kompas TV klik360 cerita indonesia

Menkopolhukam: Jangan Selewengkan Pancasila!

Minggu, 5 Juli 2020 | 23:10 WIB

SURABAYA, KOMPAS.TV - Menanggapi adanya usulan Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia tentang Rancangan Undang-Undang Haluan Ideologi Pancasila atau RUU HIP, Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan RI Mahfud MD, kembali menegaskan pemerintah tidak setuju dengan rancangan tersebut.

Meski pemerintah secara resmi memiliki tenggat waktu untuk menanggapi usulan tersebut sampai dengan 20 Juli 2020, Mahfud mengatakan pemerintah dengan tegas menolak seluruh materi RUU HIP.

Baca Juga: Soal Aksi Tolak RUU HIP, Benarkah Ada Pasal yang Mengandung Unsur Komunisme?

Ditemui di Gedung Negara Grahadi Surabaya usai hadir dalam acara penyerahan bantuan penanganan pandemi Covid-19 dari Menteri Badan Usaha Milik Negara ke Gugus Tugas Covid-19 Jawa Timur, Menkopolhukam kembali angkat bicara terkait pembahasan usulan RUU Haluan Ideologi Pancasila yang sempat ditunda beberapa waktu lalu.

Mahfud mengatakan, meski pemerintah menolak seluruh materi RUU HIP, pemerintah tidak bisa mencabut usulan tersebut karena merupakan produk DPR RI. Pemerintah bahkan sudah mengembalikan RUU tersebut ke DPR RI pada 16 Juni 2020 lalu.

Ada beberapa poin yang membuat pemerintah tidak setuju dengan RUU HIP. Pertama, secara substansial usulan ini dinilai hendak menyelewengkan pancasila menjadi trisila atau ekasila. Terakhir, Mahfud menilai usulan ini berpotensi memunculkan kembali paham komunisme, karena Ketetapan MPRS Nomor 25 Tahun 1966 tentang Pembubaran Partai Komunis tidak disertakan.

Editor : aryo bimo



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
04:39
BMKG IMBAU WARGA JAUHI ZONA MERAH ERUPSI GUNUNG SINABUNG, KABUPATEN KARO, SUMUT   MENKO POLHUKAM MAHFUD MD: RANCANGAN PERPRES PELIBATAN TNI ATASI TERORISME SUDAH DISAMPAIKAN KE MENKUMHAM DAN DPR   STASIUN GEOFISIKA WAINGAPU, SUMBA TIMUR, SEBUT GEMPA BERMAGNITUDO 5,0 DI SUMBA BARAT DAYA TIDAK BERPOTENSI TSUNAMI   GEMPA BERMAGNITUDO 5,0 GUNCANG SUMBA BARAT DAYA, NUSA TENGGARA TIMUR, PADA SABTU MALAM   PRABOWO SUBIANTO KEMBALI TUNJUK AHMAD MUZANI SEBAGAI SEKJEN PARTAI GERINDRA PERIODE 2020-2025   MENKO PEREKONOMIAN AIRLANGGA HARTARTO: UMKM DIPRIORITASKAN DALAM UPAYA PEMULIHAN EKONOMI NASIONAL SAAT PANDEMI   BUPATI BUTON LA BAKRY TERKONFIRMASI POSITIF KORONA DAN TELAH MENJALANI KARANTINA MANDIRI   MENKO POLHUKAM MAHFUD MD: BANYAK DOKTER MENINGGAL DUNIA DISEBABKAN KELELAHAN DAN STRES SAAT TANGANI PASIEN KORONA   PANDEMI KORONA, PEMPROV DKI MENYATAKAN MASIH KAJI PERLOMBAAN YANG BOLEH DIADAKAN SAAT 17 AGUSTUS   PESANTREN TEBUIRENG JOMBANG, JATIM, MENYATAKAN BELUM BUKA AKSES BAGI PEZIARAH UNTUK MEMASUKI KAWASAN MAKAM GUS DUR   PEMERINTAH AKAN BERIKAN BINTANG JASA 22 TENAGA MEDIS YANG MENINGGAL DUNIA SAAT RAWAT PASIEN KORONA   KSAD JENDERAL TNI ANDIKA PERKASA DITUNJUK SEBAGAI WAKIL KETUA KOMITE PELAKSANA PENANGANAN COVID-19   MENKO POLHUKAM MAHFUD MD SEBUT KETERLIBATAN TNI DAN POLRI DALAM PENANGANAN COVID-19 SANGAT DIPERLUKAN   HINGGA 8 AGUSTUS 2020, KASUS POSITIF KORONA DI SECAPA AD BERKURANG DARI 1.308 MENJADI 71 ORANG