Kompas TV klik360 cerita indonesia

Mahfud MD: Pemerintah Menolak Tafsir Pancasila di Segala Bidang

Minggu, 5 Juli 2020 | 22:26 WIB

SURABAYA, KOMPAS.TV - Menanggapi adanya usulan Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia tentang Rancangan Undang-Undang Haluan Ideologi Pancasila atau RUU HIP, Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan RI Mahfud MD, kembali menegaskan pemerintah tidak setuju dengan rancangan tersebut.

Baca Juga: Djoko Tjandra Buron, Menkopolhukam Mahfud MD Perintahkan Jaksa Agung dan Polisi Segera Menangkapnya

Meski pemerintah secara resmi memiliki tenggat waktu untuk menanggapi usulan tersebut sampai dengan 20 Juli 2020, Mahfud mengatakan pemerintah dengan tegas menolak seluruh materi RUU HIP.

Ditemui di Gedung Negara Grahadi Surabaya usai hadir dalam acara penyerahan bantuan penanganan pandemi Covid-19 dari Menteri Badan Usaha Milik Negara ke Gugus Tugas Covid-19 Jawa Timur, Menkopolhukam kembali angkat bicara terkait pembahasan usulan ruu haluan ideologi Pancasila yang sempat ditunda beberapa waktu lalu. 

Mahfud mengatakan, meski pemerintah menolak seluruh materi RUU HIP, pemerintah tidak bisa mencabut usulan tersebut karena merupakan produk DPR RI. Pemerintah bahkan sudah mengembalikan RUU tersebut ke DPR RI pada 16 Juni 2020 lalu.

Ada beberapa poin yang membuat pemerintah tidak setuju dengan RUU HIP. Pertama, secara substansial usulan ini dinilai hendak menyelewengkan pancasila menjadi trisila atau ekasila. Terakhir, Mahfud menilai usulan ini berpotensi memunculkan kembali paham komunisme, karena Ketetapan MPRS Nomor 25 Tahun 1966 tentang komunisme tidak disertakan.

Editor : aryo bimo



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
21:29
DISKON 50% BELANJA BUKU, KAOS, DAN KOMPAS DIGITAL DI GERAI KOMPAS. AKSES: KLIK.KOMPAS.ID/HEMATSATU   RUSIA KIRIM 5 PESAWAT BERISI BANTUAN KEMANUSIAAN KE LEBANON PASCA-LEDAKAN DI PELABUHAN BEIRUT   JELANG HUT KE-75 RI, PEMPROV BENGKULU AKAN MEMBERIKAN SANKSI BAGI WARGANYA YANG TAK PASANG BENDERA MERAH PUTIH   PEMKOT AMBON, MALUKU, WAJIBKAN ASN TES "SWAB" SETIAP BULAN GUNA CEGAH KLASTER PERKANTORAN   BUPATI POLEWALI MANDAR, SULBAR, ANDI IBRAHIM MASDAR, BERKANTOR DI TEMPAT TERBUKA KARENA KHAWATIR TERTULAR KORONA   PEKAN DEPAN, SD DAN SMP DI KOTA MALANG AKAN DIBUKA UNTUK SIMULASI MESKI MASIH BERSTATUS ZONA MERAH   SEKRETARIS BAPPEDA KALSEL, HADI PURWANTO, MENINGGAL DUNIA KARENA TERINFEKSI KORONA   KOALISI BURUH MIGRAN BERDAULAT SEBUT BP3TKI MAKASSAR TAK SIAP TAMPUNG RIBUAN TKI YANG DIDEPORTASI DARI MALAYSIA   POLRES DEPOK AKAN BERLAKUKAN SISTEM ELEKTRONIK PADA SEPTEMBER 2020   AKAN MAJU PILKADA, MUHAMAD RESMI MUNDUR DARI JABATAN SEKDA TANGSEL   MENHUB BUDI KARYA SUMADI SEBUT KEMACETAN DI PERKOTAAN SANGAT BERDAMPAK PADA PEREKONOMIAN INDONESIA   PENUTUPAN OPERASI PATUH JAYA, 1.169 PENGENDARA DI KOTA TANGERANG KENA TILANG   POLISI SEBUT PENGENDARA SEPEDA MOTOR JADI PELANGGAR TERBANYAK DALAM OPERASI PATUH JAYA DI JAKARTA TIMUR   SEBANYAK 93 PENGENDARA KENA TEGUR DALAM SOSIALISASI GANJIL-GENAP DI JALAN GUNUNG SAHARI, JAKARTA UTARA