Kompas TV nasional berita kompas tv

Harga Vaksin Corona Diperkirakan Rp 75.000 per Orang

Kompas.tv - 5 Juli 2020, 20:24 WIB
Penulis : Christandi Dimas

KOMPAS.TV - Pemerintah mengatakan perlu dana sekitar Rp 26.4 triliun untuk memproduksi vaksin virus corona bila sudah tersedia.

Harga ini dihitung dari rumus formula Viro dengan menghitung berapa orang yang perlu divaksin.

Ketua Konsorsium Penelitian Inovasi Covid-19 Kementerian Riset dan Teknologi Ali Ghufron Mukti mengatakan apabila vaksin virus corona sudah tersedia, harganya akan berkisar Rp 75.000 per orang.

Ali Ghufron kemudian mengatakan bahwa negara setidaknya butuh dana sekitar Rp 26.4 triliun untuk pembelian vaksin ini dengan jumlah 176 juta unit.

Angka 176 juta unit vaksin corona ini didapat dari perhitungan bahwa satu orang dapat menularkan virus sampai ke tiga orang, yang kemudian dihitung dengan mengalikan dua per tiga jumlah penduduk Indonesia sebanyak 260 juta.

Vaksin yang sedang dikembangkan konsorsium nasional ditargetkan akan masuk fase uji coba praklinik pada akhir 2020.

Jangan lewatkan streaming Kompas TV live 24 jam non stop di https://www.kompas.tv/live agar tidak ketinggalan berita-berita terkini, terlengkap, serta laporan langsung dari berbagai daerah di Indonesia.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.