Kompas TV nasional update corona

Menteri BUMN Erick Thohir Kirim 100 Ribu Tablet Avigan ke Jawa Timur

Kompas.tv - 5 Juli 2020, 17:13 WIB
menteri-bumn-erick-thohir-kirim-100-ribu-tablet-avigan-ke-jawa-timur
Obat flu Avigan yang diproduksi Fujifilm Jepang. (Sumber: AFP via nypost.com)
Penulis : Johannes Mangihot

SURABAYA, KOMPASTV – Penanganan Covid-19 di Jawa Timur terus menjadi perhatian pemerintah pusat.

Melalui Kementerian BUMN, pemerintah mengirimkan paket bantuan berupa obat-obatan dan alat kesehatan untuk penanganan Covid-19 kepada Gugus Covid-19 Jawa Timur.

Menteri BUMN Erick Thohir menjelaskan bantuan obat-obatan yang diberikan berupa Avigan sebanyak 100 ribu tablet.

Baca Juga: Ada Apa dengan Hubungan Pemkot Surabaya dan Pemprov Jawa Timur? - ROSI

Sementara alat kesehatan meliputi alat pelindung diri (APD) sebayak 10 ribu buah dan masker bedah berjumlah 100 ribu buah.

Bantuan tersebut diterima langsung oleh Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi sekaligus Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang didampingi Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak.

"Semoga bantuan ini bisa membantu dan mempercepat proses penanganan Covid-19 di Jatim," ujar Erick Thohir di sela penyerahan bantuan di Gedung Negara Grahadi di Surabaya, Minggu (5/7/2020). Dikutip dari Antara.

Di kesempatan yang sama Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menyatakan aliran bantuan ini merupakan wujud dari gotong royong semua elemen bangsa dalam mengatasi pandemi akibat Covid-19.

Baca Juga: Unair Teliti 5 Senyawa Untuk Obat Corona, Diklaim Lebih Ampuh dari Avigan dan Chloroquine

Ia berharap gotong-royong yang dilakukan dapat menambah angka harapan kesembuhan pasien positif Covid-19 serta mereduksi angka kematian di Jawa Timur.

“Atas nama warga Jawa Timur, kami ucapkan terima kasih seluruh dukungan menteri. Tentu saja kehadiran ini menjadi penguatan demi penguatan dari ikhtiar kami semua untuk bisa bersatu dalam penanganan Covid-19 di Jawa Timur,” ujar Khofifah.

Sebelumnya, Jawa Timur telah menerima obat yang sama sebanyak 29.000 tablet yang diserahkan Dirut PT Pertamina Bina Medika IHC, Fathema Djan Rachmat pada Jumat (3/7/2020).

Baca Juga: ASN Positif Covid-19 di Jatim Bertambah 44 Orang

Fathema menyatakan bahwa obat Avigan ini tengah digunakan dalam koridor penelitian dan telah dilakukan di Jakarta dengan memperoleh hasil kesembuhan 63-67 persen.

Hasil penelitian Clinical Trial di Jepang juga membuktikan bahwa pemberian Avigan mampu membersihkan virus corona dalam empat hari.

Untuk proses teknisnya, satu orang pasien membutuhkan 52 tablet untuk sekali treatment atau satu fase treatment.

Jika total bantuan 100.000 tablet maka diperkirakan akan ada hampir 2.000 pasien di Jawa Timur yang bisa menggunakan obat tersebut.

Baca Juga: Kata Pakar Soal Hubungan Pemkot Surabaya dan Pemprov Jatim | Ada Apa dengan Risma? - ROSI (Bag4)

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x