Kompas TV video cerita indonesia

Corona Masih Tinggi, Trump Rayakan Hari Kemerdekaan AS

Kompas.tv - 5 Juli 2020, 12:43 WIB
Penulis : Laura Elvina

WASHINGTON DC, KOMPAS.TV - Presiden AS Donald Trump mengadakan acara peringatan Hari Kemerdekaan Amerika Serikat atau 4th of July, di Gedung Putih, Washington DC, pada Sabtu (4/7/2020) waktu setempat.

Acara tersebut dihadiri ribuan orang dan digelar di tengah masih tingginya kasus corona di Amerika Serikat. Sejumlah rangkaian acara digelar, seperti parade militer, kembang api, dan pidato Trump.

Jumlah harian kasus virus corona di AS mencapai rekor baru, yakni 52.300 pada hari Jumat, menurut angka dari Universitas Johns Hopkins.

Meski jumlah kasus terus bertambah, namun Presiden Trump tidak menyinggung masalah covid-19 yang saat ini tengah dihadapi AS, dalam pidato yang ia sampaikan di hadapan seluruh orang yang hadir di Gedung Putih.

Sebaliknya, ia justru fokus pada demo anti-rasisme yang terjadi setelah kematian warga kulit hitam, George Floyd.

"Bangsa kita menyaksikan kampanye tanpa ampun untuk menghapus sejarah, mencemarkan nama baik pahlawan, menghapus nilai-nilai, dan mengindoktrinasi anak-anak," ujar Trump.

Kata-katanya tersebut merujuk merujuk pada aksi demonstran yang berusaha untuk merobohkan patung pahlawan AS Mount Rushmore, di South Dakota, saat demo berlangsung.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x