Kompas TV regional berita daerah

Distribusi Bansos Yang Masif Dan Inovatif, Menjawab Kerja Dengan Sense of Crisis

Sabtu, 4 Juli 2020 | 21:37 WIB
distribusi-bansos-yang-masif-dan-inovatif-menjawab-kerja-dengan-sense-of-crisis

 

Penyaluran BST di Kampung Pasung Kaler Desa Katapang, Kabupaten Bandung (Sumber: dok Ditjen PFM)

BANDUNG, KOMPAS.TV-

Kegusaran Presiden Joko Widodo terkait kinerja kementerian pada situasi dan kondisi pandemi Covid-19, tentu membuat seluruh kementerian merah kupingnya. Presiden menekankan pada realisasi atau penyerapan anggaran pada beberapa kementerian yang terkait kuat dengan antisipasi dampak pada masyarakat imbas dari pandemi Covid-19, dengan nilai anggaran yang fantastis.

Bantuan sosial (bansos) yang digulirkan Kementerian Sosial sejak awal wabah virus corona melanda berbagai daerah di Indonesia, hingga saat ini menjawab realisasi anggaran dari pemerintah ke warga yang terdampak Covid-19. Beberapa inovasi dan terobosan, dalam payung besar bantuan sosial, dilakukan sebagai akselerasi kinerja untuk mengejar realisasi anggaran. Bantuan sosial khusus, seperti Bantuan Sosial Tunai (BST) dan Bansos Sembako menjadi outlet realisasi anggaran yang dikebut seluruh direktorat Kementerian Sosial. 
Ini membuat realisasi anggaran Kemensos tertinggi di antara kementerian dan kelembagaan lain, yang seterusnya menjadi argumentasi dalam 'menyehatkan' perekonomian makro, karena  menggerakkan roda ekonomi.

Warga Desa Pasung terima BST (Sumber: dok Ditjen PFM)

Dari total Pagu Anggaran Kemensos tahun anggaran 2020 sebesar Rp104,453 triliun telah direalisasikan sebesar Rp65,026 triliun atau sebesar 62.25%, per tanggal 3 Juli. 

“Kami semua di jajaran Kemensos terus melakukan akselerasi belanja untuk semua jenis belanja, baik itu belanja bansos, belanja modal, belanja barang, dan seterusnya. Dengan akselerasi belanja, sangat membantu menggerakkan perekonomian sesuai arahan Bapak Presiden,” kata Menteri Sosial Juliari P Batubara, di Bandung (04/07).

Di Bandung, Mensos Juliari datang mengecek langsung proses penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST), yakni di Kampung Pasung Kaler, Desa Katapang, Kabupaten Bandung, dan Desa Sekarwangi di Kota Bandung.

Mensos hadiri distribusi bansos tunai di Kabupaten Bandung (Sumber: dok Ditjen PFM)

Editor : Herwanto

1
2



BERITA LAINNYA


Peristiwa

PPP Jawab Kabar Wapres ke-9 Hamzah Haz

Selasa, 20 Oktober 2020 | 09:28 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
10:05
HARI INI, TERDAKWA DJOKO TJANDRA KEMBALI JALANI SIDANG KASUS SURAT JALAN PALSU DI PENGADILAN NEGERI JAKARTA TIMUR   GUBERNUR JABAR RIDWAN KAMIL MINTA TNI-POLRI PERKUAT PATROLI PROTOKOL KESEHATAN DI OBYEK WISATA SELAMA LIBUR PANJANG    KEMENKOP UKM MASIH KUMPULKAN TAMBAHAN DATA PEMERIMA BANTUAN SOSIAL BAGI YANG TERDAMPAK PANDEMI COVID-19   POLISI IMBAU MAHASISWA YANG BERUNJUK RASA WASPADAI PENYUSUP SAAT MENYAMPAIKAN ASPIRASI   IRAN MENCATAT ADA 337 KEMATIAN AKIBAT COVID-19 DALAM 24 JAM TERAKHIR    CEGAH PENYEBARAN COVID-19, KEMENHUB MINTA PENYEDIA JASA TRANSPORTASI TERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN   MAJELIS ULAMA INDONESIA AKAN BAHAS BAHAYA KOMUNISME DALAM MUSYAWARAH NASIONAL 25-28 NOVEMBER 2020    MENKO POLHUKAM: BUKAN TIDAK MUNGKIN DI ANTARA PENGUNJUK RASA ADA PENYUSUP YANG INGIN MENCARI MARTIR   POLDA METRO JAYA TANGKAP 2 PENGELOLA GRUP FACEBOOK STM SE-JABODETABEK UNTUK KASUS KERICUHAN TOLAK UU CIPTA KERJA   POLRES JAKARTA PUSAT SIAGAKAN 6.000 PERSONEL KAWAL UNJUK RASA TOLAK UU CIPTA KERJA DI ISTANA NEGARA   BMKG: GEMPA BERMAGNITUDO 4,6 YANG TERJADI DI PANGANDARAN, JAWA BARAT, TIDAK BERPOTENSI TSUNAMI   BMKG MEMPERKIRAKAN SEBAGIAN WILAYAH JAKARTA BERPOTENSI HUJAN DISERTAI PETIR PADA SORE DAN MALAM HARI   DITLANTAS POLDA METRO JAYA SIAPKAN 9 RUTE REKAYASA LALU LINTAS BAGI PENGENDARA DI SEKITAR ISTANA KEPRESIDENAN   ADA UNJUK RASA, DITLANTAS POLDA METRO JAYA IMBAU PENGGUNA JALAN HINDARI KAWASAN MONAS DAN ISTANA MULAI PUKUL 10.00 WIB