Kompas TV travel jelajah indonesia

Bersebelahan, Bangunan Tertua Kelenteng Kong Fuk Miau dan Masjid Jami Di Bangka

Sabtu, 4 Juli 2020 | 16:34 WIB

Salam jelajah,

Felis masih meneruskan penjelajahannya di Pulau Bangka.
Kota Bangka Negeri Serumpun Sebalai, slogan ini berarti sebuah negeri yang dipersatukan ikatan yang kuat dan hidup di suatu daerah. salah satunya tercermin dari ikatan toleransi antar agama.

Sebuah kelenteng tertua di Bangka bersandingan dengan masjid tertua di Bangka. Sejarah bangunan ini sudah ada sejak tahun 1820.

Kong Fuk Miau berarti sebuah benteng yang didirikan dari 2 provinsi di Tiongkok yaitu provinsi Kwangtung dan Hokkian.
Akulturasi dan kerukunan warga di Bangka tak hanya terpancar dari asal muasal nama kelenteng, tapi juga dari posisi kelenteng yang bersebelahan dengan masjid.

Hubungan baik antara umat Konghucu dan Muslim terjaga dari dulu. Rasa kebersamaan dan toleransi yang tinggi meniadakan perselisihan antara kedua umat beragama ini. Selain berdoa umat Konghucu juga identik dengan mengadakan ritual ciamsi atau meramal masa depan.

Ciamsi merupakan doa sekaligus prediksi apakah doanya akan terwujud dari hasil ramalan. Ada yang percaya dan ada yang tidak, semuanya terserah kita mengamininya.

Dari kelenteng menuju ke Masjid Jami bangunan inti masjid ini dibangun pada tahun 1830 usianya sudah sangat tua tepatnya 133 tahun. Akulturasi di arsitektur masjid ini kental terlihat. ada atap masjid berciri khas Melayu yang bersusun marmer yang langsung didatangkan dari Eropa khususnya Italia. Seiring perkembangan umat muslim di Bangka pembangunan masjid Jami pun diperluas seperti menara dan bangunan serbagunanya. Pesatnya pertumbuhan umat muslim di Bangka tidak mengganggu keharmonisan hubungan baik antara Kelenteng Kong Fuk Miau dan Masjid Jami.

Editor : Herwanto

1
2



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
02:39
HOTLINE KBRI BEIRUT +961 3199 493   TERCATAT 1.447 WNI BERADA DI LEBANON, 1.234 DI ANTARANYA ADALAH PASUKAN KONTINGEN GARUDA   KEMENLU TERUS PANTAU DAN PASTIKAN KONDISI WNI PASCA-LEDAKAN DI PELABUHAN BEIRUT, LEBANON   PERANCIS KIRIM 2 PESAWAT MILITER KE BEIRUT UNTUK BANTUAN PENCARIAN DAN PENYELAMATAN PASCA-LEDAKAN BESAR   SEBANYAK 300.000 PENDUDUK KEHILANGAN RUMAH AKIBAT LEDAKAN DI PELABUHAN BEIRUT, LEBANON   PRESIDEN LEBANON MICHEL AOUN JANJIKAN PENYELIDIKAN TRANSPARAN ATAS LEDAKAN DI PELABUHAN BEIRUT   ISRAEL BANTAH TERLIBAT DALAM LEDAKAN DI PELABUHAN BEIRUT, LEBANON   SEBANYAK 30 TENAGA KESEHATAN RSUD SOGATEN, KOTA MADIUN, TES "SWAB" SETELAH 1 DOKTER POSITIF TERINFEKSI KORONA   BUPATI OGAN ILIR, SUMATERA SELATAN, ILYAS PANJI ALAM, SEMBUH DARI KORONA   BUKA PARIWISATA UNTUK TURIS DOMESTIK, PEMPROV BALI FOKUS BANGUN KEPERCAYAAN WISATAWAN DI TENGAH PANDEMI   PENDAKIAN GUNUNG CIREMAI DI WILAYAH KUNINGAN, JABAR, DIBUKA KEMBALI MULAI SABTU, 8 AGUSTUS 2020   KEMENDIKBUD MINTA PEMKOT BEKASI HENTIKAN SIMULASI KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR TATAP MUKA DI 6 SEKOLAH   WALI KOTA BEKASI RAHMAT EFFENDI IMBAU WARGANYA TIADAKAN LOMBA 17-AN YANG SIFATNYA MENGUNDANG KERUMUNAN   DINKES DKI JAKARTA INGATKAN MASYARAKAT UNTUK BAHU-MEMBAHU ATASI PANDEMI KORONA