Kompas TV video cerita indonesia

Wow!! Indonesia Naik Kelas Menjadi Upper Middle Income Country di Tengah Pandemi

Kompas.tv - 4 Juli 2020, 08:36 WIB
Penulis : Abdur Rahim

JAKARTA, KOMPASTV – Indonesia kini tak lagi menjadi negara lower middle income country.

Tanggal 1 Juli 2020 kemarin di tengah pandemi Covid-19, Bank Dunia mengumumkan status Indonesia yang sudah naik tingkat menjadi upper middle income country.

Hal ini disampaikan Presiden Joko Widodo secara virtual melalui akun resmi youtube Sekretariat Presiden pada Jumat, 3 Juli 2020.

“Dalam laporan bank dunia tanggal 1 Juli 2020 kemarin, perlu saya sampaikan status Indonesia telah naik dari lower middle income menjadi upper middle income country” ucap Jokowi (3/7/2020).

Baca Juga: Presiden Jokowi: Indonesia Kini Berpendapatan Menengah ke Atas

Jokowi menambahkan, Gross National Income  atau Pendapatan Nasional Bruto per kapita Indonesia, telah naik menjadi US$ 210. Saat ini, Gross National Income  Indonesia adalah US$ 4.050.

“Gross National Income per kapita Indonesia, naik menjadi US $ 4.050 dari posisi sebelumnya 3.840 US$”, imbuhnya.

Jokowi menyebut, kenaikan status ini harus disyukuri dan dijadikan sebagai batu loncatan untuk bisa maju ke depan, sehingga bisa menjadi negara dengan penghasilan tinggi.

"Kenaikan status ini harus kita syukuri dan kita perlakukan sebagai sebuah peluang agar negara kita Indonesia bisa terus maju, melakukan lompatan kemajuan agar kita berhasil menjadi negara berpenghasilan tinggi, dan berhasil keluar dari middle income trap” pungkasnya



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x