Kompas TV video cerita indonesia

Presiden Jokowi: Indonesia Kini Berpendapatan Menengah ke Atas

Kompas.tv - 3 Juli 2020, 22:23 WIB
Penulis : Aryo bimo

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo secara resmi menyatakan Indonesia kini telah naik ke kelas negara berpendapatan menengah atas. Hal tersebut berdasarkan laporan dari Bank Dunia.

Pernyataan naik kelas ini disampaikan Presiden Joko Widodo saat memberikan sambutan peringatan 100 tahun Institut Teknologi Bandung (ITB). Presiden menyampaikan sambutannya melalui video virtual.

Dari laporan Bank Dunia pada 1 Juli 2020 lalu, Indonesia dinyatakan naik peringkat masuk ke negara berpenghasilan menengah ke atas. 

Total Pendapatan Nasional atau Gross Nasional Income (GNI) perkapita Indonesia kini mencapai 4.050 dollar Amerika Serikat dari sebelumnya 3.840 dollar Amerika Serikat.

Dengan kenaikan ini, Presiden Joko Widodo menargetkan agar Indonesia bisa berhasil menjadi negara dengan penghasilan tinggi dan keluar dari jebakan pendapatan menengah.

Pendapatan Nasional Bruto atau GNI, adalah Produk Domestik Bruto atau Gross Domestic Product (GDP), ditambah pendapatan yang dibayarkan ke negara oleh negara lain untuk hal-hal seperti bunga dan dividen.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Opini

"Arch of Constantine"

24 April 2024, 20:58 WIB

Close Ads x