Kompas TV regional berita daerah

Gitar Klasik Buatan Pengrajin Balikpapan Tembus Pasar Eropa

Kompas.tv - 3 Juli 2020, 20:05 WIB

BALIKPAPAN, KOMPAS TV – Budi Santoso, seorang seniman di Balikpapan Kalimantan Timur berkreasi dengan membuat gitar sejak tahun 2016 lalu. Berbekal ilmu gitar yang diperolehnya sewaktu mengenyam pendidikan kuliah di Institute Seni Indonesia Yogyakarta, pria berusia 30 tahun ini membuat gitar dari bahan kayu pilihan khas nusantara.

Diantaranya seperti kayu amara, mahogani, hingga kayu eboni Kalimantan yang dinilai bisa menghasilkan kualitas gitar yang bagus.

Budi Santoso memilih untuk membuat gitar klasik dengan kualitas standar Internasional, agar bisa menghasilkan kejernihan suara yang yang sangat baik, ketika dimainkan oleh pemiliknya. Proses pembuatannya pun cukup lama, karena dibutuhkan ketelitian. Perlu waktu selama tiga bulan untuk menyelesaikan pemesanan satu gitar klasik.

Gitar yang dibuatnya dibandrol mulai harga Rp. 3 juta hingga Rp. 15 juta. Bahkan peminatnya tidak hanya berasal dari dalam negeri, namun juga datang dari sejumlah negara Eropa dan Amerika Serikat.

Bahkan melalui gitar buatannya, Budi Santoso juga berkeinginan memperkenalkan kualitas kayu nusantara di dunia internasional, dan tidak kalah dengan kayu yang berasal dari negara lain.

#gitarklasik#pengrajingitar#alatmusik

Jangan lewatkan informasi menarik di Kompas TV Balikpapan,  yuk subscribe channel youtube Kompas TV Balikpapan. Aktifkan juga lonceng supaya kamu dapat notifikasi kalau ada video baru.

Media sosial Kompas TV Balikpapan:

instagram:  https://www.instagram.com/kompastv.balikpapan/?hl=id

facebook : https://www.facebook.com/kompastvbalikpapan

twiter : https://twitter.com/TvBalikpapan?s=09



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x