Kompas TV regional berita daerah

Bawaslu Temukan Ribuan Berkas Dukungan Balon Independen Tidak Memenuhi Syarat

Kompas.tv - 3 Juli 2020, 18:17 WIB
Penulis : Kompastv Lampung

LAMPUNG, KOMPAS.TV - Badan pengawas pemilu  kota bandar lampung temukan ribuan  berkas dukungan bakal calon independen pemilihan wali kota dan wakil wali kota bandar lampung yang tidak memenuhi syarat (TMS).

Ribuan berkas tidak memenuhi syarat ini ditemukan pasca dilakukanya verifikasi faktual oleh jajaran tim bawaslu bandar lampung.

Adapun berkas tidak memenuhi syarat ini untuk dukungan pada dua bakal pasangan calon ike edwin dan firmasyah yang maju di pemilihan walikota bandar lampung melalui jalur perseorangan atau independen.

Berkas yang tidak memenuhi syarat ini dimaksudkan karena banyak dari warga yang merasa tidak mendukung calon persorangan atau independen.

Selain itu bawaslu juga menemukan adanya indikasi keterlibatan ASN dan penyelengggara pemilu yang masuk dalam pendukung calon walikota jalur independen.

Bekas dukungan yang tidak memenuhi syarat ini disampaikan ketua bawaslu bandar lampung Chandra wansah, “untuk firmasyah kita menemukan dua puluh lima ASN yang masuk dalam dukungan sedangkan untuk penyelenggara ada tiga puluh delapan orang. Dukungan yang telah diverifikasi untuk pasangan firman sekitar sebelas ribuan dan ditemukan hampir setengahnya itu TMS atau tidak memenuhi syarat.”

“yang kedua untuk pasangan ike edwin, kita menemukan dua puluh ASN/PNS yang ada didalam dukungan dan ada dua puluh delapan penyelenggara pemilu yang masuk dukungan, setelah itu berdasarkan hasil pengawasan ada sekitar sepuluh ribuan yang telah diverifikasi sampai saat ini dengan yang TMS sekitar lima ribu-an.”

Tidak hanya itu bahkan ketika dilakukan pengecekan berkas dilapangan, bawaslu menemukan berkas milik sejumlah orang yang sudah meninggal hingga mengalami gangguan kejiwaan.

Kedepan bawaslu akan memanggil dan menginvestigasi ASN dan penyelenggara pemilu yang masuk dalam dukungan cakal calon perseorangan atau independ pada pilwakot bandar lampung.

Baca Juga: Bupati Nonaktif Lampung Utara Agung Ilmu Mangkunegara Divonis 7 Tahun Penjara

Juga akan masih mengupadate data hasil pengawasan yang diprediksi jumlah berkas dukungan bakal calon independen yang tidak memenuhi syarat ini masih akan bertambah.

#pilkada2020 #bawaslu #bandarlampung



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.