Kompas TV regional berita daerah

Bawaslu Temukan Ribuan Berkas Dukungan Balon Independen Tidak Memenuhi Syarat

Jumat, 3 Juli 2020 | 18:17 WIB

LAMPUNG, KOMPAS.TV - Badan pengawas pemilu  kota bandar lampung temukan ribuan  berkas dukungan bakal calon independen pemilihan wali kota dan wakil wali kota bandar lampung yang tidak memenuhi syarat (TMS).

Ribuan berkas tidak memenuhi syarat ini ditemukan pasca dilakukanya verifikasi faktual oleh jajaran tim bawaslu bandar lampung.

Adapun berkas tidak memenuhi syarat ini untuk dukungan pada dua bakal pasangan calon ike edwin dan firmasyah yang maju di pemilihan walikota bandar lampung melalui jalur perseorangan atau independen.

Berkas yang tidak memenuhi syarat ini dimaksudkan karena banyak dari warga yang merasa tidak mendukung calon persorangan atau independen.

Selain itu bawaslu juga menemukan adanya indikasi keterlibatan ASN dan penyelengggara pemilu yang masuk dalam pendukung calon walikota jalur independen.

Bekas dukungan yang tidak memenuhi syarat ini disampaikan ketua bawaslu bandar lampung Chandra wansah, “untuk firmasyah kita menemukan dua puluh lima ASN yang masuk dalam dukungan sedangkan untuk penyelenggara ada tiga puluh delapan orang. Dukungan yang telah diverifikasi untuk pasangan firman sekitar sebelas ribuan dan ditemukan hampir setengahnya itu TMS atau tidak memenuhi syarat.”

“yang kedua untuk pasangan ike edwin, kita menemukan dua puluh ASN/PNS yang ada didalam dukungan dan ada dua puluh delapan penyelenggara pemilu yang masuk dukungan, setelah itu berdasarkan hasil pengawasan ada sekitar sepuluh ribuan yang telah diverifikasi sampai saat ini dengan yang TMS sekitar lima ribu-an.”

Tidak hanya itu bahkan ketika dilakukan pengecekan berkas dilapangan, bawaslu menemukan berkas milik sejumlah orang yang sudah meninggal hingga mengalami gangguan kejiwaan.

Kedepan bawaslu akan memanggil dan menginvestigasi ASN dan penyelenggara pemilu yang masuk dalam dukungan cakal calon perseorangan atau independ pada pilwakot bandar lampung.

Baca Juga: Bupati Nonaktif Lampung Utara Agung Ilmu Mangkunegara Divonis 7 Tahun Penjara

Juga akan masih mengupadate data hasil pengawasan yang diprediksi jumlah berkas dukungan bakal calon independen yang tidak memenuhi syarat ini masih akan bertambah.

#pilkada2020 #bawaslu #bandarlampung

Editor : Kompastv Lampung



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
03:37
BMKG IMBAU WARGA JAUHI ZONA MERAH ERUPSI GUNUNG SINABUNG, KABUPATEN KARO, SUMUT   MENKO POLHUKAM MAHFUD MD: RANCANGAN PERPRES PELIBATAN TNI ATASI TERORISME SUDAH DISAMPAIKAN KE MENKUMHAM DAN DPR   STASIUN GEOFISIKA WAINGAPU, SUMBA TIMUR, SEBUT GEMPA BERMAGNITUDO 5,0 DI SUMBA BARAT DAYA TIDAK BERPOTENSI TSUNAMI   GEMPA BERMAGNITUDO 5,0 GUNCANG SUMBA BARAT DAYA, NUSA TENGGARA TIMUR, PADA SABTU MALAM   PRABOWO SUBIANTO KEMBALI TUNJUK AHMAD MUZANI SEBAGAI SEKJEN PARTAI GERINDRA PERIODE 2020-2025   MENKO PEREKONOMIAN AIRLANGGA HARTARTO: UMKM DIPRIORITASKAN DALAM UPAYA PEMULIHAN EKONOMI NASIONAL SAAT PANDEMI   BUPATI BUTON LA BAKRY TERKONFIRMASI POSITIF KORONA DAN TELAH MENJALANI KARANTINA MANDIRI   MENKO POLHUKAM MAHFUD MD: BANYAK DOKTER MENINGGAL DUNIA DISEBABKAN KELELAHAN DAN STRES SAAT TANGANI PASIEN KORONA   PANDEMI KORONA, PEMPROV DKI MENYATAKAN MASIH KAJI PERLOMBAAN YANG BOLEH DIADAKAN SAAT 17 AGUSTUS   PESANTREN TEBUIRENG JOMBANG, JATIM, MENYATAKAN BELUM BUKA AKSES BAGI PEZIARAH UNTUK MEMASUKI KAWASAN MAKAM GUS DUR   PEMERINTAH AKAN BERIKAN BINTANG JASA 22 TENAGA MEDIS YANG MENINGGAL DUNIA SAAT RAWAT PASIEN KORONA   KSAD JENDERAL TNI ANDIKA PERKASA DITUNJUK SEBAGAI WAKIL KETUA KOMITE PELAKSANA PENANGANAN COVID-19   MENKO POLHUKAM MAHFUD MD SEBUT KETERLIBATAN TNI DAN POLRI DALAM PENANGANAN COVID-19 SANGAT DIPERLUKAN   HINGGA 8 AGUSTUS 2020, KASUS POSITIF KORONA DI SECAPA AD BERKURANG DARI 1.308 MENJADI 71 ORANG