Kompas TV nasional kompas petang

Ini Kata Mendikbud Nadiem Makarim Soal Ribut Jalur Zonasi PPDB DKI Jakarta

Jumat, 3 Juli 2020 | 18:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ribut ribut soal penerimaan peserta didik baru akhirnya sampai ke telinga Mendikbud Nadim Makarim.

Nadiem mengaku masih mengkaji peraturan menteri terkait dengan masuknya usia menjadi faktor pertimbangan penerimaan siswa baru.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim mengaku berempati terhadap proses penerimaan peserta didik baru di Jakarta, yang membuat banyak siswa kehilangan kesempatan masuk ke sekolah pilihan.

Dalam rapat dengar pendapat  dengan komisi sepuluh DPR kemarin, Nadiem memahami jika banyak orang tua murid kecewa dengan sistem penerimaan PPDB di DKI Jakarta yang menggunakan aturan usia.

Nadiem menegaskan jika saat ini kementerian pendidikan akan mengkaji kembali, peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan yang dianggap Komisi X DPR tak singkron dengan surat keputusannya dari dinas pendidikan DKI Jakarta.

Nadiem Makarim – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan
sebelumnya, Komisi X DPR sempat bertemu dan mengadakan diskusi dengan sejumlah orang tua murid terkait permasalahan seleksi dengan usia dalam proses penerimaan peserta didik di Jakarta.

Komisi X DPR pun merekomendasikan agar kementerian pendidikan dan kebudayaan menegur Pemprov DKI Jakarta karena PPDB di DKI dinilai melanggar Permendikbud.

Sebelumnya, orangtua murid ini protes, karena menurutnya seleksi di jalur zonasi itu bohong. Protes orangtua murid ini, terjadi saat Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Nahdiana, sedang menggelar konpers terkait penerimaan peserta didik baru di Jakarta.

Dengan emosi ia meluapkan kekesalannya, atas sistem penerimaan peserta didik baru DKI Jakarta, tahun ajaran 2020-2021. Saat berkali-kali mengatakan 'bohong' di depan jajaran Dinas Pendidikan DKI Jakarta, petugas keamanan dan pihak Disdik, langsung menenangkan orang tua murid ini dengan membawanya keluar ruangan.
 

Editor : Merlion Gusti



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
04:34
BMKG IMBAU WARGA JAUHI ZONA MERAH ERUPSI GUNUNG SINABUNG, KABUPATEN KARO, SUMUT   MENKO POLHUKAM MAHFUD MD: RANCANGAN PERPRES PELIBATAN TNI ATASI TERORISME SUDAH DISAMPAIKAN KE MENKUMHAM DAN DPR   STASIUN GEOFISIKA WAINGAPU, SUMBA TIMUR, SEBUT GEMPA BERMAGNITUDO 5,0 DI SUMBA BARAT DAYA TIDAK BERPOTENSI TSUNAMI   GEMPA BERMAGNITUDO 5,0 GUNCANG SUMBA BARAT DAYA, NUSA TENGGARA TIMUR, PADA SABTU MALAM   PRABOWO SUBIANTO KEMBALI TUNJUK AHMAD MUZANI SEBAGAI SEKJEN PARTAI GERINDRA PERIODE 2020-2025   MENKO PEREKONOMIAN AIRLANGGA HARTARTO: UMKM DIPRIORITASKAN DALAM UPAYA PEMULIHAN EKONOMI NASIONAL SAAT PANDEMI   BUPATI BUTON LA BAKRY TERKONFIRMASI POSITIF KORONA DAN TELAH MENJALANI KARANTINA MANDIRI   MENKO POLHUKAM MAHFUD MD: BANYAK DOKTER MENINGGAL DUNIA DISEBABKAN KELELAHAN DAN STRES SAAT TANGANI PASIEN KORONA   PANDEMI KORONA, PEMPROV DKI MENYATAKAN MASIH KAJI PERLOMBAAN YANG BOLEH DIADAKAN SAAT 17 AGUSTUS   PESANTREN TEBUIRENG JOMBANG, JATIM, MENYATAKAN BELUM BUKA AKSES BAGI PEZIARAH UNTUK MEMASUKI KAWASAN MAKAM GUS DUR   PEMERINTAH AKAN BERIKAN BINTANG JASA 22 TENAGA MEDIS YANG MENINGGAL DUNIA SAAT RAWAT PASIEN KORONA   KSAD JENDERAL TNI ANDIKA PERKASA DITUNJUK SEBAGAI WAKIL KETUA KOMITE PELAKSANA PENANGANAN COVID-19   MENKO POLHUKAM MAHFUD MD SEBUT KETERLIBATAN TNI DAN POLRI DALAM PENANGANAN COVID-19 SANGAT DIPERLUKAN   HINGGA 8 AGUSTUS 2020, KASUS POSITIF KORONA DI SECAPA AD BERKURANG DARI 1.308 MENJADI 71 ORANG