Kompas TV regional berita daerah

Miniatur Kapal Pinisi Karya Pemuda Difabel Terjual Hampir Seluruh Jawa Timur

Jumat, 3 Juli 2020 | 17:14 WIB

KEDIRI, KOMPAS.TV - Memiliki keterbatasan fisik tidak membuat Mohammad Sobirin warga Desa Pranggan Plosoklaten Kediri, berhenti berkarya. Dengan semangat kerja kerasnya, pria 34 tahun itu membuat miniatur kapal pinisi.

Sobirin yang dalam beraktivitas sehari-hari harus menggunakan alat bantu jalan itu, awalnya telah divonis lumpuh oleh tim dokter, pasca mengalami kecelakaan. Namun tekad dan semangat juang yang tinggi membuat Sobirin ingin mematahkan vonis medis tersebut. Setelah berusaha lebih dari 3 tahun dirinya akhirnya bangkit dan mampu kembali berjalan.

Sadar akan sulit mendapatkan pekerjaan disebuah perusahaan, sobirin akhirnya memilih belajar dari rekannya untuk menekuni kerajinan miniatur kapal pinisi. Kerja keras memang tidak akan mengkhianati hasil. Pedoman itulah yang tetap digenggam oleh Sobirin selama belajar menekuni dunia kerajinan seni.

Hasilnya pria lulusan smp ini mampu memproduksi sendiri miniatur kapal pinisi dengan berbekal bambu yang ada di sekitar rumahnya. Perlu waktu dua minggu bagi dirinya untuk menyelesaikan satu buah miniatur kapal. Satu buah miniatur kapal pinisi dijual mulai dari harga 100 hingga 700 ribu rupiah.

Meski belum begitu dikenal namun karya buatan sobirin sudah terjual hampir di seluruh Jawa Timur. Semua hasil penjualan kapal pinisi digunakannya untuk kebutuhan hidup sehari-hari bersama sang ayah.

Semangat dan kreatifitas yang dimiliki Mohammad Sobirin ini, menjadi pelajaran berharga bagi setiap manusia. Keterbatasan fisik yang dimiliki setiap orang ternyata bukan menjadi penghalang untuk meraih kesuksesan.

#Kediri #Difabel #Kerajinan #Miniatur #Pinisi #Beritakediri

 

Penulis : KompasTV Kediri


BERITA UTAMA

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
19:23
PENGEMBANG GRAND KOTA BINTANG BANTAH PERSEMPIT ALIRAN KALI CAKUNG YANG MEMBUAT BANJIR DI "UNDERPASS" TOL KALIMALANG   KPK AMANKAN DOKUMEN SAAT GELEDAH RUMAH STAFSUS EKS MENTERI KP EDHY PRABOWO, ANDREAU MISANTA   KPK AMANKAN DOKUMEN SAAT GELEDAH RUMAH STAFSUS EKS MENTERI KP EDHY PRABOWO, ANDREAU MISANTA   KEMENTERIAN PERINDUSTRIAN: EKONOMI BERKELANJUTAN BERPOTENSI DORONG SUBSTITUSI IMPOR   WAPRES MA'RUF AMIN PASTIKAN PEMBANGUNAN DI PAPUA DAN PAPUA BARAT DAPAT BERJALAN DENGAN BAIK   WAPRES MA'RUF AMIN MINTA BIDANG POLHUKAM DI PAPUA DAN PAPUA BARAT DITANGANI DENGAN BAIK    KEMENKO PMK: MASALAH KONSUMSI ROKOK REMAJA HARUS SEGERA DIATASI    KEMENKO PMK: PEMERINTAH AKAN NAIKKAN HARGA ROKOK DI PASARAN   GUBERNUR SUMATERA SELATAN: SAYA BAIK-BAIK SAJA SETELAH DISUNTIK, JANGAN LAGI ADA HOAKS SOAL VAKSIN COVID-19    IKATAN DOKTER INDONESIA: KEMATIAN TENAGA MEDIS INDONESIA AKIBAT COVID-19 TIGA BESAR DI DUNIA   BENTUK KEKEBALAN KOMUNITAS, JUBIR SATGAS WIKU ADISASMITO MINTA MASYARAKAT TAK RAGU IKUTI VAKSINASI   SATGAS: KEKEBALAN KOMUNITAS DICAPAI DENGAN VAKSINASI, BUKAN PENULARAN TAK TERKENDALI   SATGAS MINTA BERBAGAI PIHAK FOKUS TURUNKAN JUMLAH KASUS AKTIF COVID-19   JUBIR SATGAS WIKU ADISASMITO: SATU JUTA KASUS COVID-19 MENGGAMBARKAN LAJU PENULARAN YANG TINGGI