Kompas TV regional berita daerah

Miniatur Kapal Pinisi Karya Pemuda Difabel Terjual Hampir Seluruh Jawa Timur

Jumat, 3 Juli 2020 | 17:14 WIB

KEDIRI, KOMPAS.TV - Memiliki keterbatasan fisik tidak membuat Mohammad Sobirin warga Desa Pranggan Plosoklaten Kediri, berhenti berkarya. Dengan semangat kerja kerasnya, pria 34 tahun itu membuat miniatur kapal pinisi.

Sobirin yang dalam beraktivitas sehari-hari harus menggunakan alat bantu jalan itu, awalnya telah divonis lumpuh oleh tim dokter, pasca mengalami kecelakaan. Namun tekad dan semangat juang yang tinggi membuat Sobirin ingin mematahkan vonis medis tersebut. Setelah berusaha lebih dari 3 tahun dirinya akhirnya bangkit dan mampu kembali berjalan.

Sadar akan sulit mendapatkan pekerjaan disebuah perusahaan, sobirin akhirnya memilih belajar dari rekannya untuk menekuni kerajinan miniatur kapal pinisi. Kerja keras memang tidak akan mengkhianati hasil. Pedoman itulah yang tetap digenggam oleh Sobirin selama belajar menekuni dunia kerajinan seni.

Hasilnya pria lulusan smp ini mampu memproduksi sendiri miniatur kapal pinisi dengan berbekal bambu yang ada di sekitar rumahnya. Perlu waktu dua minggu bagi dirinya untuk menyelesaikan satu buah miniatur kapal. Satu buah miniatur kapal pinisi dijual mulai dari harga 100 hingga 700 ribu rupiah.

Meski belum begitu dikenal namun karya buatan sobirin sudah terjual hampir di seluruh Jawa Timur. Semua hasil penjualan kapal pinisi digunakannya untuk kebutuhan hidup sehari-hari bersama sang ayah.

Semangat dan kreatifitas yang dimiliki Mohammad Sobirin ini, menjadi pelajaran berharga bagi setiap manusia. Keterbatasan fisik yang dimiliki setiap orang ternyata bukan menjadi penghalang untuk meraih kesuksesan.

#Kediri #Difabel #Kerajinan #Miniatur #Pinisi #Beritakediri

 

Editor : KompasTV Kediri



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
04:31
BMKG IMBAU WARGA JAUHI ZONA MERAH ERUPSI GUNUNG SINABUNG, KABUPATEN KARO, SUMUT   MENKO POLHUKAM MAHFUD MD: RANCANGAN PERPRES PELIBATAN TNI ATASI TERORISME SUDAH DISAMPAIKAN KE MENKUMHAM DAN DPR   STASIUN GEOFISIKA WAINGAPU, SUMBA TIMUR, SEBUT GEMPA BERMAGNITUDO 5,0 DI SUMBA BARAT DAYA TIDAK BERPOTENSI TSUNAMI   GEMPA BERMAGNITUDO 5,0 GUNCANG SUMBA BARAT DAYA, NUSA TENGGARA TIMUR, PADA SABTU MALAM   PRABOWO SUBIANTO KEMBALI TUNJUK AHMAD MUZANI SEBAGAI SEKJEN PARTAI GERINDRA PERIODE 2020-2025   MENKO PEREKONOMIAN AIRLANGGA HARTARTO: UMKM DIPRIORITASKAN DALAM UPAYA PEMULIHAN EKONOMI NASIONAL SAAT PANDEMI   BUPATI BUTON LA BAKRY TERKONFIRMASI POSITIF KORONA DAN TELAH MENJALANI KARANTINA MANDIRI   MENKO POLHUKAM MAHFUD MD: BANYAK DOKTER MENINGGAL DUNIA DISEBABKAN KELELAHAN DAN STRES SAAT TANGANI PASIEN KORONA   PANDEMI KORONA, PEMPROV DKI MENYATAKAN MASIH KAJI PERLOMBAAN YANG BOLEH DIADAKAN SAAT 17 AGUSTUS   PESANTREN TEBUIRENG JOMBANG, JATIM, MENYATAKAN BELUM BUKA AKSES BAGI PEZIARAH UNTUK MEMASUKI KAWASAN MAKAM GUS DUR   PEMERINTAH AKAN BERIKAN BINTANG JASA 22 TENAGA MEDIS YANG MENINGGAL DUNIA SAAT RAWAT PASIEN KORONA   KSAD JENDERAL TNI ANDIKA PERKASA DITUNJUK SEBAGAI WAKIL KETUA KOMITE PELAKSANA PENANGANAN COVID-19   MENKO POLHUKAM MAHFUD MD SEBUT KETERLIBATAN TNI DAN POLRI DALAM PENANGANAN COVID-19 SANGAT DIPERLUKAN   HINGGA 8 AGUSTUS 2020, KASUS POSITIF KORONA DI SECAPA AD BERKURANG DARI 1.308 MENJADI 71 ORANG