Kompas TV regional berita daerah

Khasiat Madu Lebah Klanceng

Jumat, 3 Juli 2020 | 17:03 WIB

JEMBER, KOMPAS.TV - Madu lebah Trigona Itama atau Lebah Klanceng mulai banyak diburu oleh warga di Kabupaten Jember, Jawa Timur. Lebah madu, yang biasanya hidup hutan ini, kaya nutrisi dan vitamin sehingga baik untuk kesehatan.

Lebah klanceng tidak hanya hidup berkoloni di pepohonan kawasan hutan. Namun juga dapat dibudidayakan di halaman rumah dengan sarang buatan.

Seperti yang dilakukan oleh Sahrul Alim, pemuda Dusun Pondok Waluh, Kecamatan Kencong, Kabupaten Jember.

Ia membudidayakan lebah klanceng di halaman rumahnya. Teknik budidaya dilakukan dengan menyulap lingkungan rumah menyerupai suasana hutan.

Ia menanam sejumlah tanaman vegetasi, yang disukai lebah klanceng, seperti tanaman belimbing, paku-pakuan dan bunga.

Tanaman ini berfungsi sebagai sumber makanan lebah dan untuk menjaga ratu lebah agar tetap berada di sarang.

Keberadaan ratu lebah akan mengundang lebah klanceng lainnya, sehingga membentuk koloni dan mengisi saran buatan, yang telah disediakan.

Lebah klanceng memiliki ukuran tubuh kecil, hampir menyerupai lalat. Satu koloni atau satu sarang lebah klanceng mampu memproduksi 1 liter madu.

Baca Juga: Keripik Pare, Gurih dan Tidak Pahit

Pembudidaya Madu Lebah Klanceng, Sahrul Alim mengatakan banyak warga saat ini menekuni budidaya lebah klanceng, karena permintaan madunya terus meningkat.

Madu lebah klanceng banyak diburu, karena dipercaya memiliki khasiat bagi kesehatan tubuh. Madu lebah klanceng kaya nutrisi dan vitamin.

Bagi warga yang menginginkan madu segar dan asli bisa mendatangi langsung tempat bubidaya. Karena pembeli bisa minum madu asli dan segar langsung dari sarangnya. Tak perlu khawatir disengat lebah, karena pembeli akan didampingi oleh pemiliknya.

Tingginya permintaan membuat harga madu lebah klanceng sedikit mahal, yakni antara 400 ribu hingga 500 ribu rupiah per liter.

 

#Madu #LebahKlanceng #Budidaya

Editor : KompasTV Jember



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
21:17
DISKON 50% BELANJA BUKU, KAOS, DAN KOMPAS DIGITAL DI GERAI KOMPAS. AKSES: KLIK.KOMPAS.ID/HEMATSATU   RUSIA KIRIM 5 PESAWAT BERISI BANTUAN KEMANUSIAAN KE LEBANON PASCA-LEDAKAN DI PELABUHAN BEIRUT   JELANG HUT KE-75 RI, PEMPROV BENGKULU AKAN MEMBERIKAN SANKSI BAGI WARGANYA YANG TAK PASANG BENDERA MERAH PUTIH   PEMKOT AMBON, MALUKU, WAJIBKAN ASN TES "SWAB" SETIAP BULAN GUNA CEGAH KLASTER PERKANTORAN   BUPATI POLEWALI MANDAR, SULBAR, ANDI IBRAHIM MASDAR, BERKANTOR DI TEMPAT TERBUKA KARENA KHAWATIR TERTULAR KORONA   PEKAN DEPAN, SD DAN SMP DI KOTA MALANG AKAN DIBUKA UNTUK SIMULASI MESKI MASIH BERSTATUS ZONA MERAH   SEKRETARIS BAPPEDA KALSEL, HADI PURWANTO, MENINGGAL DUNIA KARENA TERINFEKSI KORONA   KOALISI BURUH MIGRAN BERDAULAT SEBUT BP3TKI MAKASSAR TAK SIAP TAMPUNG RIBUAN TKI YANG DIDEPORTASI DARI MALAYSIA   POLRES DEPOK AKAN BERLAKUKAN SISTEM ELEKTRONIK PADA SEPTEMBER 2020   AKAN MAJU PILKADA, MUHAMAD RESMI MUNDUR DARI JABATAN SEKDA TANGSEL   MENHUB BUDI KARYA SUMADI SEBUT KEMACETAN DI PERKOTAAN SANGAT BERDAMPAK PADA PEREKONOMIAN INDONESIA   PENUTUPAN OPERASI PATUH JAYA, 1.169 PENGENDARA DI KOTA TANGERANG KENA TILANG   POLISI SEBUT PENGENDARA SEPEDA MOTOR JADI PELANGGAR TERBANYAK DALAM OPERASI PATUH JAYA DI JAKARTA TIMUR   SEBANYAK 93 PENGENDARA KENA TEGUR DALAM SOSIALISASI GANJIL-GENAP DI JALAN GUNUNG SAHARI, JAKARTA UTARA