Kompas TV nasional sapa indonesia

Tega! Nenek Buta Huruf Ditipu Tetangga, Ia Kehilangan Sawah Miliknya

Jumat, 3 Juli 2020 | 17:46 WIB

SEMARANG, KOMPAS.TV - Sumiyatun atau Mbah Tun, warga kabupaten Demak, Jawa Tengah, terancam kehilangan sawah miliknya karena menjadi korban penipuan.

Nenek yang bekerja sebagai petani dan buta huruf tersebut, masih mencari keadilan agar sertifikat sawah kembali kepada dirinya.

Kamis siang kemarin (02/07/2020), Sumiyatun atau Mbah Tun mengikuti persidangan untuk mencari keadilan untuk dirinya, yang telah menjadi korban penipuan kepemilikan lahan.

Beragendakan keterangan saksi ahli, sidang menghadirkan Junaidi, Ketua Program Studi Magister Hukum Universitas Semarang. Saksi ahli ini memberi penjelasan kepada majelis hakim, sertifikat tanah Sumiyatun yang berpindah kepemilikan adalah peristiwa penipuan.

Semua berawal ketika pada 2010, Sumiyatun yang buta huruf meminta bantuan tetangga untuk menggadaikan sawahnya di Desa Balarejo, Demak, Jawa Tengah. Uang hasil gadai, digunakan Sumiyatun untuk membeli pakan ternak.

Tetangga tersebut malah mengubah nama hak milik pada sertifikat, dan menggadaikannya ke bank, sebesar Rp 80 juta. Karena cicilan macet, tanah tersebut akhirnya dilelang, dan dimenangkan seorang warga.

Sumiyatun mengajukan gugatan pada 2015, Mahkamah Agung menetapkan proses jual beli tersebut tidak sah, dan Sumiyatun mendapatkan kembali tanahnya.

Namun pada awal 2020, warga yang memenangkan lelang pada tahun 2010 lalu mengajukan gugatan.

Kuasa Hukum Sumiyatun berharap, Majelis Hakim berpegang pada putusan Mahkamah Agung pada tahun 2015 yang menyatakan Sumiyatun adalah pemilik sah tanah tersebut.

Sidang kepemilikan lahan sumiyatun berlangsung di pengadilan tinggi tata usaha negara, semarang, Jawa Tengah.

Baca Juga: Duplikat Nomor Whatsapp, Sindikat Penipuan Online Diringkus Polisi

Editor : Fransiska Wijayanti



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
03:50
BMKG IMBAU WARGA JAUHI ZONA MERAH ERUPSI GUNUNG SINABUNG, KABUPATEN KARO, SUMUT   MENKO POLHUKAM MAHFUD MD: RANCANGAN PERPRES PELIBATAN TNI ATASI TERORISME SUDAH DISAMPAIKAN KE MENKUMHAM DAN DPR   STASIUN GEOFISIKA WAINGAPU, SUMBA TIMUR, SEBUT GEMPA BERMAGNITUDO 5,0 DI SUMBA BARAT DAYA TIDAK BERPOTENSI TSUNAMI   GEMPA BERMAGNITUDO 5,0 GUNCANG SUMBA BARAT DAYA, NUSA TENGGARA TIMUR, PADA SABTU MALAM   PRABOWO SUBIANTO KEMBALI TUNJUK AHMAD MUZANI SEBAGAI SEKJEN PARTAI GERINDRA PERIODE 2020-2025   MENKO PEREKONOMIAN AIRLANGGA HARTARTO: UMKM DIPRIORITASKAN DALAM UPAYA PEMULIHAN EKONOMI NASIONAL SAAT PANDEMI   BUPATI BUTON LA BAKRY TERKONFIRMASI POSITIF KORONA DAN TELAH MENJALANI KARANTINA MANDIRI   MENKO POLHUKAM MAHFUD MD: BANYAK DOKTER MENINGGAL DUNIA DISEBABKAN KELELAHAN DAN STRES SAAT TANGANI PASIEN KORONA   PANDEMI KORONA, PEMPROV DKI MENYATAKAN MASIH KAJI PERLOMBAAN YANG BOLEH DIADAKAN SAAT 17 AGUSTUS   PESANTREN TEBUIRENG JOMBANG, JATIM, MENYATAKAN BELUM BUKA AKSES BAGI PEZIARAH UNTUK MEMASUKI KAWASAN MAKAM GUS DUR   PEMERINTAH AKAN BERIKAN BINTANG JASA 22 TENAGA MEDIS YANG MENINGGAL DUNIA SAAT RAWAT PASIEN KORONA   KSAD JENDERAL TNI ANDIKA PERKASA DITUNJUK SEBAGAI WAKIL KETUA KOMITE PELAKSANA PENANGANAN COVID-19   MENKO POLHUKAM MAHFUD MD SEBUT KETERLIBATAN TNI DAN POLRI DALAM PENANGANAN COVID-19 SANGAT DIPERLUKAN   HINGGA 8 AGUSTUS 2020, KASUS POSITIF KORONA DI SECAPA AD BERKURANG DARI 1.308 MENJADI 71 ORANG