Kompas TV regional berita daerah

4.350 Peserta UTBK SBMPTN Ikut Rapid Test

Kompas.tv - 3 Juli 2020, 15:18 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV  - Ribuan calon peserta Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) mengikuti rapid test massal pada Kamis (02/07). Rapid test disediakan secara gratis oleh Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Jember Jawa Timur.

Ada 4 ribu lebih calon peserta UTBK SBMPTN yang mengikuti rapid test massal. Rapid test digelar oleh Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Jember di 31 kecamatan, mulai tanggal 2 hingga 7 Juli.

Rapid test untuk mencegah penularan virus corona, karena UTBK SBMPTN di Universitas Jember diikuti oleh 12 ribu peserta. Mereka tidak hanya dari Jember, tetapi juga dari luar, bahkan luar Pulau Jawa.

Untuk calon peserta yang berasal dari Jember mendapat fasilitas rapid test gratis dari pemerintah setempat. Jumlah peserta yang berasal dari Jember ada 4.350 orang. Sedangkan yang dari luar Jember harus rapid test mandiri. Mereka berjumlah 7.731 orang.

Kasubag Humas Universitas Jember, Rokhmad Hidayanto mengatakan selain mewajibkan peserta membawa surat non reaktif rapid test, pihak panitia pelaksanaan ujian juga menggelar 2 tahap, tahap pertama tanggal 5 sampai 12 Juli, tahap kedua tanggal 20 sampai 29 Juli 2020.

Bagi peserta yang tidak bisa menunjukkan surat non reaktif rapid tes pada gelombang pertama, maka akan dijadwalkan mengikuti ujian gelombang kedua.

Salah satu peserta UTBK asal Jember, Siti Murtiqotul mengaku senang dengan adanya fasilitas rapid test yang disediakan oleh Pemerintah. Karena ia tak perlu lagi repot-repot melakukan rapid test mandiri, yang biayanya mencapai 300 sampai 400 ribu rupiah.

#RapidTest #Utbk #Sbmptn #UniversitasJember

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.