Kompas TV regional berita daerah

Mendag Pantau "New Normal" di Pasar Boyolali

Jumat, 3 Juli 2020 | 12:43 WIB

BOYOLALI, KOMPAS.TV - Menteri Perdagangan RI Agus Suparmanto mengakui adanya penurunan penjualan berbagai komoditi dikalangan pedagang selama masa pandemi ini. Mendag dengan didampingi Bupati Boyolali Seno Samudera, Rabu siang mengunjungi Pasar Boyolali Kota.  

Mendag sengaja meninjau langsung ke lapangan, untuk mengetahui pelaksanaan protokol kesehatan di pasar menjelang diberlakukannya "new normal". Dalam kesempatan tersebut beberapa pedagang sempat diajak berdialog untuk menanyakan hasil penjualan. Rata rata mereka mengaku omzet penjualannya turun antara 30 hingga 50 persen. 

Salah satu pedagang ayam mengaku biasanya dalam sehari bisa menjual satu kuintal daging ayam. Namun saat pandemi omzetnya turun 60 persen dan hanya mampu menjual 40 kilogram dalam sehari, dengan harga Rp 38.000,- perkilogram.

Sementara itu pedagang sembako juga mengeluh omzetnya turun, jika biasanya sebelum pandemi banyak langganan yang membeli dalam jumlah besar untuk keperluan hajatan, namun kini selama pandemi tidak ada orang yang menggelar hajatan, sehingga omzet dagangannya turun hingga 30 persen.  

Untuk menyiasati agar dagangan tetap laku, menteri perdagangan menghimbau kepada para pedagang agar juga menjual secara online maupun delivery order atau sistem antar barang door to door. 

 #Boyolali #MenteriPerdagangan #Pandemi

 

Editor : KompasTV Jateng



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
00:19
HOTLINE KBRI BEIRUT +961 3199 493   TERCATAT 1.447 WNI BERADA DI LEBANON, 1.234 DI ANTARANYA ADALAH PASUKAN KONTINGEN GARUDA   KEMENLU TERUS PANTAU DAN PASTIKAN KONDISI WNI PASCA-LEDAKAN DI PELABUHAN BEIRUT, LEBANON   PERANCIS KIRIM 2 PESAWAT MILITER KE BEIRUT UNTUK BANTUAN PENCARIAN DAN PENYELAMATAN PASCA-LEDAKAN BESAR   SEBANYAK 300.000 PENDUDUK KEHILANGAN RUMAH AKIBAT LEDAKAN DI PELABUHAN BEIRUT, LEBANON   PRESIDEN LEBANON MICHEL AOUN JANJIKAN PENYELIDIKAN TRANSPARAN ATAS LEDAKAN DI PELABUHAN BEIRUT   ISRAEL BANTAH TERLIBAT DALAM LEDAKAN DI PELABUHAN BEIRUT, LEBANON   SEBANYAK 30 TENAGA KESEHATAN RSUD SOGATEN, KOTA MADIUN, TES "SWAB" SETELAH 1 DOKTER POSITIF TERINFEKSI KORONA   BUPATI OGAN ILIR, SUMATERA SELATAN, ILYAS PANJI ALAM, SEMBUH DARI KORONA   BUKA PARIWISATA UNTUK TURIS DOMESTIK, PEMPROV BALI FOKUS BANGUN KEPERCAYAAN WISATAWAN DI TENGAH PANDEMI   PENDAKIAN GUNUNG CIREMAI DI WILAYAH KUNINGAN, JABAR, DIBUKA KEMBALI MULAI SABTU, 8 AGUSTUS 2020   KEMENDIKBUD MINTA PEMKOT BEKASI HENTIKAN SIMULASI KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR TATAP MUKA DI 6 SEKOLAH   WALI KOTA BEKASI RAHMAT EFFENDI IMBAU WARGANYA TIADAKAN LOMBA 17-AN YANG SIFATNYA MENGUNDANG KERUMUNAN   DINKES DKI JAKARTA INGATKAN MASYARAKAT UNTUK BAHU-MEMBAHU ATASI PANDEMI KORONA