Kompas TV regional berita daerah

Mendag Pantau "New Normal" di Pasar Boyolali

Jumat, 3 Juli 2020 | 12:43 WIB

BOYOLALI, KOMPAS.TV - Menteri Perdagangan RI Agus Suparmanto mengakui adanya penurunan penjualan berbagai komoditi dikalangan pedagang selama masa pandemi ini. Mendag dengan didampingi Bupati Boyolali Seno Samudera, Rabu siang mengunjungi Pasar Boyolali Kota.  

Mendag sengaja meninjau langsung ke lapangan, untuk mengetahui pelaksanaan protokol kesehatan di pasar menjelang diberlakukannya "new normal". Dalam kesempatan tersebut beberapa pedagang sempat diajak berdialog untuk menanyakan hasil penjualan. Rata rata mereka mengaku omzet penjualannya turun antara 30 hingga 50 persen. 

Salah satu pedagang ayam mengaku biasanya dalam sehari bisa menjual satu kuintal daging ayam. Namun saat pandemi omzetnya turun 60 persen dan hanya mampu menjual 40 kilogram dalam sehari, dengan harga Rp 38.000,- perkilogram.

Sementara itu pedagang sembako juga mengeluh omzetnya turun, jika biasanya sebelum pandemi banyak langganan yang membeli dalam jumlah besar untuk keperluan hajatan, namun kini selama pandemi tidak ada orang yang menggelar hajatan, sehingga omzet dagangannya turun hingga 30 persen.  

Untuk menyiasati agar dagangan tetap laku, menteri perdagangan menghimbau kepada para pedagang agar juga menjual secara online maupun delivery order atau sistem antar barang door to door. 

 #Boyolali #MenteriPerdagangan #Pandemi

 

Penulis : KompasTV Jateng


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
20:30
ANGKUT BANTUAN MASYARAKAT, KRI OSWALD SIAHAAN DIBERANGKATKAN DARI SURABAYA KE MAMUJU BANTU PARA KORBAN GEMPA   PEMPROV DKI DIBANTU POLISI DALAMI MOTIF PENARIKAN PAKSA KABEL LISTRIK DI RUMAH POMPA DUKUH ATAS, JAKPUS   PEMPROV BABEL JADIKAN BALAI BENIH PERTANIAN PALEMPANG PUSAT PEMBIBITAN PORANG   MAHKAMAH AGUNG: HANYA 8 PERSEN PERMOHONAN PK KORUPTOR YANG DIKABULKAN   KEMENDAGRI MINTA PEMDA SEGERA REALISASIKAN APBD 2021 UNTUK KESEHATAN DAN EKONOMI   MENTERI PPPA PASTIKAN PEREMPUAN DAN ANAK DI PENGUNGSIAN BENCANA AMAN DAN NYAMAN   PEMPROV BABEL PINDAHKAN PASIEN DARI WISMA KARANTINA ASRAMA HAJI KE RS INFEKSI DAN KARANTINA COVID-19   IDI: STRATEGI PENANGANAN DI HULU AKAN TENTUKAN PENANGANAN PANDEMI COVID-19 DI TANAH AIR   MENRISTEK: PENGEMBANGAN VAKSIN COVID-19 DALAM NEGERI PERLU PERHATIKAN ASPEK AMAN DAN TERJANGKAU   MENRISTEK BAMBANG BRODJONEGORO: VAKSIN MERAH PUTIH MENJAGA KEBERLANJUTAN KEKEBALAN MASSAL DI TANAH AIR   DPR SERAHKAN SURAT PERSETUJUAN PENGANGKATAN KOMJEN LISTYO SIGIT PRABOWO SEBAGAI KAPOLRI KE PRESIDEN   MENDIKBUD NADIEM MAKARIM: TUGAS PEMERINTAH BANTU AKSELERASI PEMBELAJARAN TERUTAMA SAAT PANDEMI COVID-19   MENDIKBUD PASTIKAN SEMUA GURU HONORER BISA IKUTI SELEKSI PEGAWAI PEMERINTAH DENGAN PERJANJIAN KERJA (PPPK) 2021   BNPB MINTA PEMDA SEGERA SELESAIKAN DATA RUMAH RUSAK PASCAGEMPA SULAWESI BARAT