Kompas TV regional berita daerah

Mendag Pantau "New Normal" di Pasar Boyolali

Kompas.tv - 3 Juli 2020, 12:43 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

BOYOLALI, KOMPAS.TV - Menteri Perdagangan RI Agus Suparmanto mengakui adanya penurunan penjualan berbagai komoditi dikalangan pedagang selama masa pandemi ini. Mendag dengan didampingi Bupati Boyolali Seno Samudera, Rabu siang mengunjungi Pasar Boyolali Kota.  

Mendag sengaja meninjau langsung ke lapangan, untuk mengetahui pelaksanaan protokol kesehatan di pasar menjelang diberlakukannya "new normal". Dalam kesempatan tersebut beberapa pedagang sempat diajak berdialog untuk menanyakan hasil penjualan. Rata rata mereka mengaku omzet penjualannya turun antara 30 hingga 50 persen. 

Salah satu pedagang ayam mengaku biasanya dalam sehari bisa menjual satu kuintal daging ayam. Namun saat pandemi omzetnya turun 60 persen dan hanya mampu menjual 40 kilogram dalam sehari, dengan harga Rp 38.000,- perkilogram.

Sementara itu pedagang sembako juga mengeluh omzetnya turun, jika biasanya sebelum pandemi banyak langganan yang membeli dalam jumlah besar untuk keperluan hajatan, namun kini selama pandemi tidak ada orang yang menggelar hajatan, sehingga omzet dagangannya turun hingga 30 persen.  

Untuk menyiasati agar dagangan tetap laku, menteri perdagangan menghimbau kepada para pedagang agar juga menjual secara online maupun delivery order atau sistem antar barang door to door. 

 #Boyolali #MenteriPerdagangan #Pandemi

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x