Kompas TV regional berita daerah

Tim Gabungan Amankan Pembawa Ribuan Telur Penyu dari Kepulauan Riau

Jumat, 3 Juli 2020 | 09:35 WIB

PONTIANAK, KOMPAS.TV - Sebanyak 9.310 butir telur penyu berhasil diamankan tim gabungan PSDKP Pontianak dan Ditpolair Polda Kalbar, dari tangan seorang Anak Buah Kapal KM Sabuk Nusantara 80, di Pelabuhan Dwikora Pontianak.

Tersangka berinisial BR asal Kota Batu, Jawa Timur itu, membawa telur-telur penyu asal Kepulauan Riau menggunakan KM Sabuk Nusantara 80, yang dikemas dalam empat belas buah kardus.

Telur penyu ini rencananya akan dipasarkan tersangka di Kota Pontianak dengan harga berkisar 2000 hingga 4000 rupiah per butir.

“Senin, 29 Juni lalu, telah kita amankan seorang yang membawa telur penyu yang dibawa dari Pulau Tambelan, Kepulauan Riau dengan tujuan Pontianak menggunakan Kapal Air Nusantara 80, diamankan di Pelabuhan Dwikora Pontianak.

Tersangka telah membawa telur penyu berjumlah 9.310 butir yang akan dipasarkan di Pontianak,” ucap Kompol M Husni Ramli, Kasubdit Gakkum Polair Polda Kalbar.

Karena perbuatannya, ribuan telur penyu yang seharusnya menetas untuk pelestarian ekosistem harus terancam rusak.

Namun, pihak terkait akan melakukan pemeriksaan terhadap kemungkinan telur-telur penyu ini dapat ditetaskan setelah melewati proses hukum.

Tersangka terancam dijerat Pasal Undang-Undang Sumber Daya Alam Hayati dan ekosistemnya, dengan ancaman pidana di atas lima tahun penjara.

Simak informasi lain dari Kota Pontianak dan Kalimantan Barat di channel YouTube KompasTV Pontianak.

#TelurPenyu #Penyu

Penulis : KompasTV Pontianak



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
00:48
PEMPROV DAN DPRD JABAR MENYETUJUI 3 CALON DAERAH PERSIAPAN OTONOM BARU UNTUK DIAJUKAN KE PEMERINTAH PUSAT   BAWASLU AKAN AWASI PROSES PEMILIHAN PILKADA 2020 UNTUK PASIEN KORONA   BAWASLU: ADA 2.126 PELANGGARAN PROTOKOL KESEHATAN DALAM 2 BULAN TERAKHIR MASA KAMPANYE PILKADA 2020   BAWASLU: DALAM 60 HARI, ADA 91.640 KEGIATAN KAMPANYE TATAP MUKA   POLRI KIRIM 3.100 PERSONEL BRIMOB NUSANTARA KE 8 WILAYAH UNTUK AMANKAN PILKADA 2020   MENDAGRI TITO KARNAVIAN MINTA TNI DAN POLRI KERJA SAMA DALAM PENGAMANAN PILKADA 2020   KEMENTERIAN ESDM MENYATAKAN TARIF LISTRIK UNTUK JANUARI-MARET 2021 TIDAK NAIK   KEMENAG: TAMBAHAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH RP 889 M UNTUK MADRASAH CAIR SEBELUM 20 DESEMBER 2020   PENGAMBILAN RAPOR MURID MAN 22 PALMERAH, JAKARTA, TERTUNDA LANTARAN 30 KARYAWAN DAN GURU POSITIF KORONA   PRESIDEN JOKOWI: INDONESIA MERUPAKAN PRODUSEN KOPI TERBESAR KEEMPAT DI DUNIA SETELAH BRASIL, VIETNAM, DAN KOLOMBIA   PRESIDEN JOKOWI MELEPAS EKSPOR PRODUK RI KE PASAR GLOBAL SENILAI RP 23,7 TRILIUN   PRESIDEN JOKOWI: MASIH BANYAK POTENSI PASAR EKSPOR YANG BELUM TERGARAP   PRESIDEN JOKOWI AKUI EKSPOR INDONESIA MASIH TERTINGGAL DARI VIETNAM   PRESIDEN JOKOWI: INDONESIA TERTINGGAL DARI NEGARA LAIN DALAM MENANGKAP PELUANG EKSPOR BAHAN & PRODUKSI DALAM NEGERI