Kompas TV nasional berita kompas tv

Wacana Pemindahan Pasien Corona ke Pulau Galang, Ini Kata Gubernur Khofifah!

Jumat, 3 Juli 2020 | 07:51 WIB

KOMPAS.TV - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, menanggapi rencana pemerintah untuk memindahkan pasien Covid-19 dari daerah dengan penularan tinggi, ke Pulau Galang, Kepulauan Riau.

Khofifah mengatakan jarak yang jauh bisa menjadi kendala untuk membujuk pasien agar mau dirawat di Pulau Galang.

Meski Gubernur Khofifah mengapresiasi, karena dinilai bisa mengurangi beban rumah sakit,

Khofifah mengkhawatirkan, jarak yang jauh bisa saja menjadi kendala dalam proses pemindahan pasien Covid-19.

Khofifah menambahkan, pihaknya bahkan telah berkoordinasi dengan Pangkogabwilhan II, terkait transportasi milik TNI AU yang akan digunakan untuk memindahkan pasien.

Saat ini, Pemprov Jatim masih mengupayakan untuk relaksasi rumah sakit, atau mengklarifikasi pasien sesuai gejalanya.

Pemerintah Kota Surabaya juga mengaku belum mendapatkan informasi terkait wacana pemindahan pasien Covid-19 ke rumah sakit khusus infeksi di Pulau Galang, Riau.

Hingga kini pemkot masih mencari kepastian mekanisme yang akan dijalankan jika wacana pemindahan pasien Covid-19 ke rumah sakit darurat di Pulau Galang dijalankan.

Sebelumnya wacana ini dilontarkan Oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia Dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy, untuk memindahkan pasien Covid-19 di Surabaya ke rumah sakit khusus infeksi RSKI Pulau Galang, Kepulauan Riau, guna mengurangi menumpuknya pasien di rumah sakit rujukan covid-19.

Editor : Aleksandra Nugroho



VIDEO REKOMENDASI

BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
20:59
KEMENKOP DAN UKM GENCARKAN PELATIHAN DI DAERAH PUSAT LAHIRNYA WIRAUSAHA MUDA   DUKUNG KETAHANAN PANGAN BERBASIS MASYARAKAT PESANTREN, DOMPET DHUAFA SIAPKAN 1.000 HEKTAR SAWAH IRIGASI   ERICK THOHIR HARAP IMUNISASI MASSAL VAKSIN COVID-19 BISA DILAKSANAKAN MULAI FEBRUARI 2021   DUKUNG PEMULIHAN EKONOMI, MENTERI BUMN ERICK THOHIR DORONG PROGRAM DIGITALISASI RANTAI PASOK LOGISTIS   PT PUPUK INDONESIA SIAPKAN 775.704 TON PUPUK NONSUBSIDI UNTUK PENUHI KEBUTUHAN PETANI   ADA SEKOLAH YANG GELAR BELAJAR TATAP MUKA, GUBERNUR JATENG: KALAU BELUM IZIN, SAYA TUTUP   PT BIO FARMA PERKIRAKAN VAKSIN COVID-19 DIPRODUKSI FEBRUARI ATAU MARET 2021    PT BIO FARMA TARGETKAN 1.620 RELAWAN DISUNTIK VAKSIN COVID-19 HINGGA DESEMBER 2020   POLISI: ADA SEORANG SAKSI MENGAKU SEMPAT BERBICARA DENGAN PENEMBAK PENGUSAHA   POLISI TELAH PERIKSA 10 SAKSI TERKAIT PENEMBAKAN SEORANG PENGUSAHA DI ROYAL GADING SQUARE, JAKARTA UTARA   KEMENTERIAN PERDAGANGAN DORONG EKSPOR KOPI INDONESIA KE MEKSIKO   WEBINAR RISET PRAKTIS: SEBUAH PENGANTAR UNTUK KEPUTUSAN STRATEGIS. DAFTAR DI INSTITUTE.KOMPAS.ID   DONASI BAGI SENIMAN BISA DISALURKAN KE YAYASAN DANA KEMANUSIAAN KOMPAS: 211144228 (BNI) ATAU 0123021433 (BCA)   DONASI 100 HARI KEPERGIAN DIDI KEMPOT MASIH DIBUKA. MARI BANTU SENIMAN YANG TERDAMPAK COVID-19 AGAR TETAP BERTAHAN