Kompas TV regional berita daerah

Kotor, Beginilah Kondisi Monumen Tugu Bersejarah

Kompas.tv - 2 Juli 2020, 19:28 WIB
Penulis : KompasTV Sorong

SORONG,KOMPAS.TV – Tugu jam atau sering disebut masyarakat setempat tugu siswa yang terletak di jalan A Y Nasution dan jalan arfak bundaran perempan di kelurahan kampung baru Kota Sorong Papua Barat, terlihat kumuh dan tidak terawat. Banyak terdapat coretan tangan Manusia yang menempel pada dinding bangunan ini. Padahala tugu ini menyimpan makna sejarah pada masa lampau yang sangat memiliki arti dan sekaligus juga menjadi salah satu icon di tengah Kota.

Tempat ini berdiri pada tahun 1969 dengan selesainya pelaksanaan penentuan pendapat rakyat, pepera tugu ini mulai didirikan. Kala itu pada masa pemerintahaan Bupati Joko di era tahun 80-an, kemudian tempat ini dinamakan tugu jam yang hingga saat ini disebut warga Kota sebagai tugu siswa.

Di era 80-an masyarakat sangat bergantung pada tugu jam, karena menunjukan waktu kala itu bagi masyarakat yang tidak memiliki jam. Sehingga tempat bersejarah ini dijaga dan dirawat dengan baik. Namun sayangnya tempat yang merupakan monument bersejarah ini sudah tidak lagi di rawat dan dijaga dengan baik. Bahkan jam yang diletakan pada tugu inipun sudah tidak terlihat lagi.

Beberapa bulan lalu, pemerintah maupun beberapa stackholder sering melakukan pembersihan dengan pengecatan monument tugu jam atau tugu siswa, namun tidak bertahan lama, karena kembali dirusak oleh tangan-tangan jail yang tidak bertanggung jawab. Diharapkan adanya perhatian serius Pemerintah daerah setempat untuk setiap monument bersejarah, karena tempat ini juga merupakan bagian dari bermulanya awal pemerintahan Kota Sorong. 

#SorongPapuaBarat #SejarahKotaSorong #KotaSorong



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.