Kompas TV entertainment lifestyle

Luncurkan Fitur Reels, Instagram Siap Jadi Saingan TikTok

Kompas.tv - 2 Juli 2020, 18:40 WIB
luncurkan-fitur-reels-instagram-siap-jadi-saingan-tiktok
Reels, Fitur Baru Instagram (Sumber: tekno.kompas.com)

KOMPAS.TV - Video pendek dari aplikasi TikTok kian menyedot banyak penggermar. Tak heran jika Instagram kini turut mengembangkan fitur barunya yakni Reels. 

Diketahui, fitur pesaing TikTok ini sudah lebih dulu diluncurkan di Brasil tahun 2019 lalu. Kini, fitur tersebut memperluas jangkauannya ke pengguna di Perancis dan Jerman. Namun sayang, fitur baru ini masih belum bisa digunakan di Indonesia. 

Mengutip dari Tech Crunch, Selasa (30/6/2020), fitur Reels di Instagram memungkinkan pengguna mereka membuat video pendek berdurasi 15 detik yang juga bisa diatur ke musik atau audio lainnya. Kemudian pengguna bisa membagikannya di platform di mana video tersebut berpotensi menjadi viral. 

Awalnya, Reels hanya menjadi bagian dari Instagram Stories yang berdurasi 15 detik saja. Namun, banyak pengguna ingin postingan videonya bisa menjadi permanen yang bisa di-share kepada teman-teman dan followers.

Banyak pengguna yang menginginkan Reels bisa punya tempat di Profile dan Explore tersendiri di masing-masing akun sehingga pengguna bisa berbagi di Instagram Feed mereka. Perubahan ini diharapkan meningkatkan pengguna Reels. 

Seiring dengan ekspansinya fitur Reels di Jerman dan Prancis, Instagram kini sudah mengabulkan keinginan para pengguna setianya dengan memindahkan Reels ke ruang khusus di profil pengguna dan Explore (untuk akun publik) sehingga orang-orang dapat berbagi dengan audiens baru di Instagram Feed.

Ternyata, Reels bukanlah upaya pertama dari perusahaan induk Instagram, Facebook untuk menantang popularitas TikTok.

Sebelumnya, Facebook pernah meluncurkan aplikasi Lasso, namun sayangnya 'kurang laris' di pasaran. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x