Kompas TV klik360 cerita indonesia

Inilah Alasan Sujud Risma yang Viral

Kamis, 2 Juli 2020 | 20:35 WIB

SURABAYA, KOMPAS.TV - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini akhir Juni lalu kembali jadi buah bibir. Viral di berbagai media.

Ada kejadian tak lazim. Dalam pertemuannya dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan para direktur rumah sakit di Surabaya, Jawa Timur , Senin (29/6/2020).

Saat itu, Risma bersujud, menangis  sambil meminta maaf di depan para dokter setelah mendengar kesulitan yang dialami tenaga kesehatan dan pengelola RS di tengah pandemi corona di kota Surabaya.

Kala itu, terungkap soal penuhnya ruang isolasi karena masih banyaknya pasien Covid-19 yang menjalani perawatan.

Pandemi corona di Surabaya kian berat, sebab ditengarai masyarakat banyak yang tidak disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Sujud Risma di depan kaki Ketua Penyakit Infeksi Emerging dan Remerging (Pinere) RSU dr Soetomo, dr Sudarsono jadi perhatian publik.

Peserta pertemuan dan orang-orang yang menyaksikan sang Wali Kota bersimpuh banyak yang terkejut dan berupaya mengangkat tubuh Risma agar menghentikan sujudnya itu.

Hingga saat ini, sujud Risma masih menjadi perbincangan. Pro kontra dan polemik mengiringi.

Ada yang menyebut, Risma melakukan itu karena tertekan dan kelelahan. Sebab penanganan pandemi COVID-19 di Surabaya amat berat.

Apalagi beberapa pekan terakhir, corona di Surabaya sangat tinggi dan turut menyumbang lonjakan Covid-19 di Jawa Timur. 

Lalu apa alasan sebenarnya di balik sujud Risma? Dalam program Rosi di Kompas TV, secara eksklusif Risma mengungkapkannya. 

Editor : Ekmal Muhammad



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
23:30
HOTLINE KBRI BEIRUT +961 3199 493   TERCATAT 1.447 WNI BERADA DI LEBANON, 1.234 DI ANTARANYA ADALAH PASUKAN KONTINGEN GARUDA   KEMENLU TERUS PANTAU DAN PASTIKAN KONDISI WNI PASCA-LEDAKAN DI PELABUHAN BEIRUT, LEBANON   PERANCIS KIRIM 2 PESAWAT MILITER KE BEIRUT UNTUK BANTUAN PENCARIAN DAN PENYELAMATAN PASCA-LEDAKAN BESAR   SEBANYAK 300.000 PENDUDUK KEHILANGAN RUMAH AKIBAT LEDAKAN DI PELABUHAN BEIRUT, LEBANON   PRESIDEN LEBANON MICHEL AOUN JANJIKAN PENYELIDIKAN TRANSPARAN ATAS LEDAKAN DI PELABUHAN BEIRUT   ISRAEL BANTAH TERLIBAT DALAM LEDAKAN DI PELABUHAN BEIRUT, LEBANON   SEBANYAK 30 TENAGA KESEHATAN RSUD SOGATEN, KOTA MADIUN, TES "SWAB" SETELAH 1 DOKTER POSITIF TERINFEKSI KORONA   BUPATI OGAN ILIR, SUMATERA SELATAN, ILYAS PANJI ALAM, SEMBUH DARI KORONA   BUKA PARIWISATA UNTUK TURIS DOMESTIK, PEMPROV BALI FOKUS BANGUN KEPERCAYAAN WISATAWAN DI TENGAH PANDEMI   PENDAKIAN GUNUNG CIREMAI DI WILAYAH KUNINGAN, JABAR, DIBUKA KEMBALI MULAI SABTU, 8 AGUSTUS 2020   KEMENDIKBUD MINTA PEMKOT BEKASI HENTIKAN SIMULASI KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR TATAP MUKA DI 6 SEKOLAH   WALI KOTA BEKASI RAHMAT EFFENDI IMBAU WARGANYA TIADAKAN LOMBA 17-AN YANG SIFATNYA MENGUNDANG KERUMUNAN   DINKES DKI JAKARTA INGATKAN MASYARAKAT UNTUK BAHU-MEMBAHU ATASI PANDEMI KORONA