Kompas TV regional berita daerah

Nikmatnya Pecak Belut Santan Khas Pemalang

Kompas.tv - 2 Juli 2020, 15:31 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

PEMALANG, KOMPAS.TV - Bagi anda penggemar kuliner belut, menu yang satu ini pastinya menggugah selera anda. Kuliner khas Pemalang, Jawa Tengah, pecak belut santan yang terkenal di Pantura ini berada di Desa Tegal Melati, Kecamatan Petarukan, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah.  

Belut yang kaya protein dan bergizi dipadu dengan sambal dan santan yang gurih, pastinya  menggugah selera. Salah satu warung yang menyajikan kuliner pecak belut santan adalah warung Ibu Niti. Meski kondisi warung terlihat sederhana, namun warung ini selalu ramai oleh pembeli setiap harinya.

Cara mengolah kuliner pecak belut santan ini juga tidak begitu sulit. Pertama belut yang sudah dikuliti dengan pisau kecil, dipotong-potong lalu dicuci bersih dan langsung digoreng tanpa diberi bumbu supaya rasa khas belutnya terjaga. Setelah matang, kemudian belut dipadu dengan sambal dan santan. 

Pembuatan sambal santan ini juga cukup mudah, yakni sambal terasi biasa lalu ditambah dengan santan kental. Setelah pembuatan sambal selesai, belut yang sudah digoreng tadi,  kemudian dipecak atau diulek bersama dengan sambal santan. Dan pecak belut santan siap untuk dihidangkan. 

Pembeli yang datang ke warung Bu Niti ini mayoritas dari luar kota, namun juga tak jarang datang dari Pemalang. Harga untuk satu porsi pecak belut santan ini Rp 40.000, -  lengkap dengan nasi dan lalapan.  

#Belut #Pemalang #KulinerKhas 

 

 

 

 

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x