Kompas TV regional berita daerah

Siapkan Petugas Jalankan Protokol Kesehatan di Sekolah

Kompas.tv - 1 Juli 2020, 18:41 WIB
Penulis : KompasTV Aceh

ACEH BESAR, KOMPAS.TV- Menyambut proses belajar tatap muka, SD 1 Lambhe, Aceh Besar melakukan simulasi protokol kesehatan di sekolah.

Proses belajar tatap muka direncakana akan dimulai 13 juli mendatang. Sejumlah sekolah melakukan persiapan, mulai dari simulasi protokol kesehatan hingga rencana menyiapkan petugas khusus di setiap sekolah.

Simulasi tersebut dilakukan untuk memastikan bahwa Guru, Tenaga Pendidikan, Siswa memahami protokol kesehatan di Sekolah.

Baca Juga: Komunitas Tionghoa Berbagi Nasi Murah

Sekolah menyiapkan petugas khusus untuk mengontrol protokol kesehatan berjalan dengan baik di sekolah.

Petugas akan melakukan pengecekan suhu tubuh, anak-anak diarahkan  mencuci tangan,  mengindari kerumunan. Selain itu, pihak sekolah juga meniadakan jam istirahat, kantin tidak dibuka, jam belajar dipersingkat. Bahkan akan dibagi dua sif untuk satu kelas, pagi dan siang hari.

Kepala Sekolah SDN 1 Lambhe Aceh Besar, Muhammad Jafar menjelaskan bahwa pihak sekolah mulai menyiapkan diri untuk menyambut tahun ajaran baru, walau di tingkat SD belum ada informasi kapan akan dimulai proses belajar tatap muka.

“di dalam kelas kami sudah mengatur kursi dengan jarak satu meter antara satu kursi dengan kusri lainnya. Selain itu, sesudah siap sekolah, anak-anak langsung pulang dan tidak di benarkan bermain-main di sekolah, begitu juga dengan orang tua, tidak dibolehkan berkumpul di areal sekolah,” jelas M Jafar.

Selain itu, Kepala  Dinas Pendidikan Aceh,  Drs Rachmat Fitri HD MPA menjelaskan bahwa pihaknya sudah siap melaksanakan protokol kesehatan dan  SOP pendidikan agar kesiagaan serta kesiapan dalam menyambut proses belajar tatap mula berjalan baik. 

Baca Juga: Masuk Aceh Wajib Uji Swab

“Kami juga berharap partisivasi kepala sekolah agar lebih aktif, inovatif serta kreatif agar anak-anak bisa terhindar covid 19 dan proses belajar tatap muka berjalan dengan lancer,” ungkap Rachmat.

Pihak Dinas Pendidikan Aceh juga berharap seluruh sekolah di Aceh bisa mematuhi protokol kesehatan serta SOP pendidikan. Serta bagi guru, tenaga pendidikan serta siswa juga harus benar-benar menjalankan protokol kesehatan mulai dari rumah hingga ke sekolah, dan dari sekolah hingga ke rumah.

#aceh #sekolah #protokolkesehatan



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x