Kompas TV regional berita daerah

Rubah Popok Jadi Pupuk Dan Tempat Bunga

Kompas.tv - 1 Juli 2020, 18:38 WIB
Penulis : KompasTV Kediri

BLITAR, KOMPAS.TV - Berawal dari kepedulian terhadap lingkungan Ramdan Sunalis warga Jatinom Kanigoro Blitar, mampu merubah popok bayi menjadi perlengkapan tanaman. Dengan penuh ketelatenan Ramdan merubah limbah popok menjadi pupuk serta tempat bunga.

Ide tersebut muncul saat dirinya melihat kegundahan petugas kebersihan yang bingung akan banyaknya limbah popok. Berbekal dari rasa ingin tahu yang besar, ramdan akhirnya mencoba mencari cara melalui tayangan media sosial.

Tak disangka, usaha kerasnya akhirnya mampu membuahkan hasil yang maksimal. Selain mampu mengurangi jumlah sampah, hasil karya Ramdan juga memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Dirinya juga berencanya akan membagikan produk buatannya untuk seluruh warga desa, agar bisa bermanfaat.

Untuk membuat satu tempat bunga diperlukan 2 buah popok bayi bekas, yang bagian luarnya dipisahkan dari bagian dalamnya. Barulah bagian luar popok bayi dicuci dan dicampur dengan semen hingga melekat erat sebelum dicetak dengan alat yang telah disiapkan.

Sementara untuk bagian dalam limbah popok, juga dimanfaatkan Ramdan untuk pupuk tanaman. Cukup dengan dicampur dengan tanah liat, bagian dalam limbah popok akan larut dan menjadi pupuk yang mampu menyuburkan tanaman.

Semua produk inovasi pengolahan limbah ini, diharapkan mampu menyadarkan masyarakat akan pentingnya pelestarian lingkungan.

#blitar #limbah #popok #pupuk #tanaman #beritakediri



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x