Kompas TV regional berita daerah

Komunitas Tionghoa Berbagi Nasi Murah

Kompas.tv - 1 Juli 2020, 18:37 WIB
Penulis : KompasTV Aceh

BANDA ACEH, KOMPAS TV – Warga Tionghoa yang tergabung dalam Yayasan Hakka Aceh membuka warung nasi murah. Hal ini dilakukan untuk saling berbagi dan meringankan warga kurang mampu dan yang terdampak akibat pandemi Covid-19 di kota Banda Aceh

Dilansir dari Kompas.com, nasi murah ini dijual hanya seharga Rp 3. 000 per porsi. Warung nasi murah ini mulai dibuka sejak Senin (29/06/2020) hingga satu bulan mendatang.

Baca Juga: Bisnis Kebab Online Melejit di tengah Pandemi

“Pandemi Covid-19 yang belum diketahui kapan berakhir telah mengakibatkan ekonomi masyarakat terpuruk dan memprihatinkan, sehingga kami dari Yayasan Hakka Aceh menginisiasi warung nasi murah untuk meringankan warga kurang mampu,” kata Kho Khie Siong, Ketua Yayasan Hakka Aceh kepada Kompas.com, Selasa (30/06/2020).

Kho Khie Siong menyebutkan nasi murah yang dijual seharga Rp 3. 000 satu porsi itu dibeli dari warung muslim dengan harga Rp 7.000 per porsi.

“Nasi itu kami beli dengan harga Rp 7. 000 dari warung yang ada di seputaran Peunanyong. Kami saling kerjasama dengan warung itu. Biasanya pemilik warung menjual dengan harga Rp 12.000 per porsi,” katanya.

Menurut Kho Khie Siong, warung nasi murah yang dibuka di depan kantor Yayasan Hakka Aceh di Kawasan Peunanyong itu buka mulai pukul 11.00 WIB setiap Senin sampai Kamis.  

“Hakka Aceh menyediakan hingga 300 porsi nasi kepada warga kurang mampu, kalau nanti ke depan permintaan meningkat akan kami tambah lagi jumlah porsi setiap hari,” sebutnya.

Baca Juga: Manisnya Bisnis Madu Linot

Proses penjualan nasi murah yang berlangsung selama satu bulan mendatang di depan kantor Yayasan Hakka Aceh tetap diberlakukan protokol kesehatan untuk memutuskan rantai penyebaran Covid-19.  Jadi meski harus antre, para pembeli tetap harus menjaga jarak, menggunakan masker, serta mencuci tangan saat mengambil nasi.

“Kita terapkan protol kesehatan, setiap pembeli juga harus membawa tempat sendiri saat mebeli nasi,” katanya.

Sementara itu Susi, salah satu warga yang membeli nasi di warung murah itu, mengaku sangat terbantu.  Di tengah kondisi pandemi Covid-19 ada yang menyediakan nasi seharga Rp 3.000 per porsi.

"Saya senang dapat beli nasi Rp 3.000, menunya juga lumanyan enak walau harga murah, ini sangat membantu kami,” ucapnya.

#aceh #tionghoa #covid19



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x