Kompas TV regional berita daerah

Batalyon Mobile Reserve (BMR) Satgas Yonmek Tni Konga XXIII-N/UNIFIL Ke Blue Line

Kompas.tv - 1 Juli 2020, 18:08 WIB
batalyon-mobile-reserve-bmr-satgas-yonmek-tni-konga-xxiii-n-unifil-ke-blue-line
Ketegangan di wilayah Kompi Alpha Al Adaysseh Lebanon Selatan yang dinilai dapat mencegah ketegangan yang semakin memanas serta menjamin keselamatan jiwa (Sumber: Satgas Batalyon Mekanis TNI Konga XXIII-N/UNIFIL (Indobatt))
Penulis : KompasTV Makassar

MAKASSAR, KOMPAS.TV - Prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas Batalyon Mekanis TNI Konga XXIII-N/UNIFIL (Indobatt) melaksanakan latihan kesiapsiagaan Batalyon Mobile Reserve (BMR) dari Kompi Delta secara langsung kelokasi Blue Line di TP 35 dan TP 36 yang sering terjadi ketegangan di wilayah Kompi Alpha Al Adaysseh Lebanon Selatan yang dinilai dapat mencegah ketegangan yang semakin memanas serta menjamin keselamatan jiwa personel Satgas Indobatt.

Penilaian situasi tersebut dinyatakan dengan Alert Status oleh United Nations Interim Force In Lebanon (UNIFIL), melalui latihan BMR oleh Indobatt XXIII-N/UNIFIL, baik Kompi Delta di United Nations Potition (UNP) 7-1, Adshid al Qusayr maupun Kompi Alpha yang berada di UNP 9-63, Selasa (6/30/2020)

Latihan dilaksanakan dalam bentuk drill teknis hingga drill taktis, untuk menentukan siapa dan berbuat apa pasukan BMR pada saat dilokasi kejadian. Latihan BMR yang digelar sekaligus menguji kepiawaian driver dalam mengawaki kendaraan tempur jenis Vehicule de l'Avant Blinde (VAB) buatan Prancis di medan Lebanon Selatan yang terdiri bukit bebatuan yang terjal dan curam.

Tujuannya, Latihan yang dilaksanakan selama dua hari tersebut diharapkan mampu melatih para pasukan Indobatt XXIII-N/UNIFIL lebih mawas diri dalam mempersiapkan personel dan materiil secara cepat apabila terjadi hal menonjol serta personel BMR mengetahui hot spot yang sering terjadi ketegangan di Area Of Responsibility (AOR) Kompi Alpha sehingga lebih memahami tugas dan tanggung jawab sebagai pasukan peacekeepers dalam menjaga perdamaian dunia.” Tegas Dansatgas Yonmek TNI Konga XXIII-N Letkol Inf Prasetyo Ari Wibowo, S.Sos., M.I.Pol.

 

Dansatgas menambahkan, kesuksesan latihan tidak terlepas dari skenario yang telah disiapkan oleh Kasi Ops Mayor Chk Sator Sapan Bungin, S.H. sebagai Komndan latihan. Dalam skenario tersebut diperanggapkan bahwa situasi keamanan di Lebanon Selatan, khususnya di TP 36 dan TP 35 dimana ketegangan terjadi antara Lebanon Armed Force (LAF) dengan Israel Defence Force ( IDF) sehingga tim Quick Reaction Team (QRT) dari Kompi Alpha membutuhkan bantuan personel dari Peleton BMR Kompi Delta untuk mencegah ketegangan yang semakin memanas dan menjamin keselamatan personel Indobatt dari Kompi Alpha yang bertugas dilapangan.

Latihan BMR ditutup dengan evalusi dan kajian ulang oleh Komandan Latihan dilanjut apel penutupan yang dipimpin oleh Wadansatgas Mayor Inf Ucok Prihantoro dalam waktu setempat.

#PASUKANPERDAMAIAN
#SatgasBatalyonMekanisTNIKonga
#TNI



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.