Kompas TV regional berita daerah

Pasca Longsor Wara Barat Menteri PUPR Janji Bangun Jembatan

Rabu, 1 Juli 2020 | 12:10 WIB

MAKASSAR, KOMPAS.TV - Wali Kota Palopo Judas Amir mendampingi menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Republik Indonesia, Basuki Hadimuljono meninjau longsor di Poros Palopo - Toraja.

Longsor jalan poros Palopo - Toraja tepatnya kilometer 24, Kelurahan Battang Barat, Kecamatan Wara Barat, Kota Palopo, Minggu (28/6/2020) siang.

Bersama rombongan menteri turun di Bandara Lagaligo Bua.


Tiba di Palopo, Menteri PUPR melanjutkan perjalanan ke lokasi longsor. Di lokasi, Basuki melihat langsung longsor yang memutuskan jalur Palopo - Toraja ini.


Basuki mengatakan, saat ini pihaknya akan membuat jembatan gantung sepanjang 120 meter.

Jembatan itu akan dilalui untuk sementara bagi pengendara motor dan pejalan kaki.

"Untuk sementara kita akan bangun jembatan gantung. Besok sudah mulai dikerjakan," katanya.

Untuk membuat jembatan permanen, tim PUPR akan melakukan persiapan peninjauan struktur tanah.

Diperkirakan jembatan permanen tersebut akan selesai dalam waktu tiga bulan.

"Untuk jembatan permanen akan selesai dalam waktu tiga bulan. Kita akan cek bagaiman struktur tanah terlebih dahulu," jelasnya.

Selain itu, jalur lain menuju Toraja melalui Kecamatan Bua, Kabupaten Luwu juga akan segera diselesaikan.


Jalur ini nantinya dapat digunakan secapatnya bagi siapa saja yang ingin ke Toraja.

"Jalur lain dari Luwu akan segera kita selesaikan. Semoga tidak ada kendala," imbuhnya.

Penganggaran jembatan permanen jalur Palopo - Toraja juga akan segera dirumuhskan.


"Anggarannya akan segera disusun. Kalau untuk bencana seperti ini harus dikebut," kuncinya.

Sementara itu Judas Amir, menyampaikan terima kasihnya kepada menteri PUPR yang telah berkesempatan berkunjung dan meninjau langsung bencana longsor yang ada di Kelurahan Battang.

Hadir pula dalam kunjungan itu Sekertaris Daerah Kota Palopo, Drs. Firmanza DP, SH., M.Si, Kepala BKPSDM Kota Palopo Farid Kasim, SH., M.Si.

Kapolres Kota Palopo AKBP. Alvian Nurnas, SH., S.I.K, Dandim 1403/SWG Letkol Inf Gunawan, S.I.P, ketua DPRD Kota Palopo Dr. Hj. Nurhaenih, S.Kp.,M.Kes, Kepala BPBD Kota Palopo Antonius Dengen.

Kadis PUPR Kota Palopo Anshar Dachri, Asisten I Bidang Pemerintahan Drs. H. Burhan Nurdin, M.Si, Kabag Humas Setda Kota Palopo Wahyudin.


#WALIKOTAPALOPO
#LONGSORWARABARAT
#LONGSOR

Penulis : KompasTV Makassar





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
11:25
PT PERTAMINA PASTIKAN DISTRIBUSI BBM DAN ELPIJI DI JAWA TIMUR AMAN PASCAGEMPA DI MALANG   MENHUB BUDI KARYA SUMADI: KERETA CEPAT JAKARTA-BANDUNG MERUPAKAN LOMPATAN TEKNOLOGI YANG BAIK BAGI INDONESIA   ANGKUT BANSOS, KRI SEMARANG-594 SINGGAH DI SURABAYA SEBELUM MENUJU KE FLORES TIMUR UNTUK SALURKAN BANTUAN   BANDARA PEKON SERAI DI PESISIR BARAT-LAMPUNG RESMI BERGANTI NAMA MENJADI BANDAR UDARA MUHAMMAD TAUFIQ KIEMAS   PINTU MASUK TOL LAYANG JAKARTA-CIKAMPEK AKAN DITUTUP SEMENTARA MULAI PUKUL 05.00-10.00 WIB   NAMA TOL LAYANG TOL LAYANG JAKARTA-CIKAMPEK AKAN DIUBAH MENJADI JALAN LAYANG MOHAMMED BIN ZAYED   BESOK, PRESIDEN JOKOWI DIJADWALKAN AKAN MERESMIKAN NAMA BARU TOL LAYANG JAKARTA-CIKAMPEK   TOTAL WNI POSITIF COVID-19 DI LUAR NEGERI ADALAH 4.193: 3.284 SEMBUH, 179 MENINGGAL DUNIA, DAN 730 DALAM PERAWATAN   DINKES: PASIEN COVID-19 YANG MASIH DIRAWAT ATAU MENJALANI ISOLASI MANDIRI DI TANGSEL MENCAPAI 236 ORANG    PEMERINTAH TENGAH MENGKAJI PERTANDINGAN SEPAK BOLA DENGAN PENONTON DI TENGAH PANDEMI COVID-19   MENKO PMK MUHADJIR EFFENDY MEMINTA PEMDA TURUT MENARUH PERHATIAN KHUSUS TERHADAP SEPAK BOLA   MUI MINTA SEMUA PIHAK BERIKAN PERHATIAN SERIUS DALAM MENCEGAH AKSI TERORISME DI KALANGAN ANAK MUDA   KEPALA BNPT BOY RAFLI AMAR AJAK TOKOH LINTAS AGAMA BUAT PROGRAM MENANGKAL PAHAM RADIKAL TERORISME    MENKUMHAM SEBUT PEMERINTAH AKAN BANGUN TIGA LAPAS KHUSUS NAPI TERORISME DI NUSAKAMBANGAN, JATENG