Kompas TV regional berita daerah

Siswa Sma Manfaatkan Dengan Menulis Buku

Kompas.tv - 30 Juni 2020, 17:51 WIB
Penulis : KompasTV Sukabumi

CIANJUR, KOMPAS.TV -Hingga kini aktifitas belajar mengajar belum juga digelar setelah lebih dari tiga bulan lamanya, anak- anak belajar di rumah. Selama masa pandemi Covid-19, kegiatan belajar mengajar di sekolah memang dihentikan sementara, dan diganti dengan kegiatan belajar di rumah. Beberapa anak mungkin merasa bosan, hingga rindu untuk memakai seragam dan berangkat ke sekolah.

Namun, sekolah menengah atas negeri 2 Cianjur, ternyata punya cara sendiri, agar peserta didiknya tidak bosan belajar di rumah. Selain mengerjakan tugas harian, para siswa juga diminta untuk menulis buku karangan mereka masing-masing. Secara online, pihak sekolah memberikan pelatihan, mulai dari cara penulisan, layout, hingga membuat cover buku hasil karya mereka.

Hasilnya cukup membanggakan, dari target seratus buku, ternyata para siswa berhasil menyelesaikan lebih dari seratus judul buku, yang mereka tulis selama pandemi. Bak penulis ternama, para siswa ini menghasilkan karya istimewa, terlihat mulai dari judul, penulisan, hingga ide cerita. 

Beberapa siswa mengaku semakin tertarik untuk menjadi seorang penulis buku. Bahkan, beberapa diantaranya pernah menjuarai lomba menulis tingkat nasional.

Sementara pihak sekolah merasa bangga akan hasil karya anak didik mereka. Untuk memfasilitasinya, pihak sekokah bekerjasama dengan penerbit, agar buku-buku yang ditulis para siswa bisa naik cetak. 

Meski kegiatan belajar di selolah belum diselenggarakan, beberapa siswa nampak datang ke sekolah untuk mengumpulkan hasil karya tulis mereka. Pojok literasi di sekokah kini sudah penuh denagn buku-buku karangan para siswa.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x