Kompas TV video cerita indonesia

Tarik Investor, Jokowi: Harga Lahan Harus Lebih Murah dari Negara Lain

Kompas.tv - 30 Juni 2020, 17:05 WIB
Penulis : Laura Elvina

BATANG, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo meminta agar Indonesia menawarkan harga lahan lebih murah dari negara lain, bagi perusahaan asing yang ingin berinvestasi di Indonesia.

Permintaan ini ia sampaikan, agar Indonesia tak kalah saing dengan negara lain. Ia ingin, perusahaan besar dari luar negeri mau berinvestasi di Indonesia.

"Kalau mereka (negara lain) memberikan harga tanah misalnya 500.000, kita harus bisa di bawahnya itu. 300.000 misalnya," kata Jokowi saat meresmikan kawasan industri Batang, Jawa Tengah, Selasa (30/6/2020).

Baca Juga: Jokowi Senang, 7 Perusahaan Relokasi ke Kawasan Industri Batang

"Kalau mereka memberikan harga tanah 1 juta, ya kita berikan harga 500.000," lanjutnya.

Jokowi mengatakan, di kawasan industri ini akan disiapkan kurang lebih 4.000 hektar lahan.

Untuk tahapan pertama, akan disiapkan kurang lebih 450 hektar. Ia juga memastikan kawasan ini siap menampung industri asing yang hendak berinvestasi di Indonesia.

"Misalnya ada yang mau pindah tadi, LG mau pindah besok, sudah langsung masuk. Enggak usah ngurus apa-apa, nanti yang ngurus semuanya dari kepala BKPM (Badan Koordinasi Penanaman Modal). Tentu saja nanti dibantu gubernur dan bupati yang ada di sini," kata dia.

Jokowi mengaku tidak ingin peristiwa tahun lalu terjadi lagi. Saat itu, ada 33 perusahaan besar yang memutuskan untuk relokasi dari China.

Namun, tak satu pun yang memilih Indonesia sebagai tempat investasi baru.

"Saya senang hari ini sudah ada yg masuk tujuh (perusahaan). Sudah pasti ini yang tujuh. Kemudian ada 17 (perusahaan) yang memiliki komitmen besar sudah masuk ke 60 persen hampir 100 persen," kata dia.

Baca Juga: Polemik Reshuffle Kabinet, Jokowi: Saya Sudah Kepikiran Kemana-mana



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.