Kompas TV regional berita daerah

Air Terjun Dolo , Surga Alam Di Lereng Pegunungan Wilis

Kompas.tv - 30 Juni 2020, 16:33 WIB
Penulis : KompasTV Kediri

KEDIRI, KOMPAS.TV - Selain simpang lima gumul dan gunung kelud, Kabupaten Kediri juga memiliki obyek wisata alam lainnya yang patut dikunjungi. Seperti di ujung barat Kabupaten Kediri tepatnya di kawasan wisata besuki desa jugo kecamatan mojo terdapat eksotisme alam air terjun dolo.

Selama perjalanan menuju air terjun yang berjarak 30 kilometer dari pusat Kota Kediri itu, segarnya udara pegunungan dan rindangnya hutan pinus menjadi teman perjalanan.

Untuk menuju titik air terjun para wisatawan harus berjuang ekstra dengan berjalan kaki sejauh kurang lebih 1 kilomter menyusuri ratusan anak tangga. Perlu kehati-hatian bagi para wisatawan saat melewati tangga-tangga tersebut karena permukaannya cukup licin.

Namun rasa lelah selama berjalan menyusuri anak tangga seketika hilang setelah melihat air terjun dengan ketinggian lebih dari 120 meter itu. Dan yang membuat para wisatawan terpesona adalah bentuk air terjun dolo cukup unik.

Yakni tumpahan air yang jatuh dari atas terbagi dalam tiga bagian. Yaitu bagian paling tinggi yang menjadi air terjun utama, serta dua bagian lain di bawahnya dengan ketinggian 2 sampai 4 meter.

Debit air yang jatuh di tempat itu tidak terlalu deras, sehingga membuat air terjun dolo menjadi tempat favorit bagi wisatawan untuk mengabadikan momen dengan berfoto. Udara sejuk air, yang dingin dan jernih, membawa kenyamanan dan ketenangan tersendiri ketika berada di tempat itu.

Untuk dapat menikmati keindahan alam di air terjun dolo ini pengunjung cukup membeli tiket seharga lima ribu rupiah untuk dewasa, dan empat ribu rupiah untuk anak-anak. Menikmati wisata alam memang menjadi salah satu solusi untuk menghilangkan penat akan rutinitas sehari-hari. Dan air terjun dolo bisa menjadi pilihan destinasi wisata bagi anda yang berkunjung ke Kediri.

#kediri #wisata #alam #airterjun #dolo #beritakediri



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x