Kompas TV klik360 cerita indonesia

Kelulut, Lebah Budidaya Madu Linot

Selasa, 30 Juni 2020 | 15:32 WIB

ACEH, KOMPAS.TV - Madu Linot terus dibudidayakan peternak madu di Desa Meuse, Kutablang, Bireuen, Aceh.

Madu linot juga dikenal dengan madu lebah kelulut. Bagi pecinta madu, linot menjadi pilihan baru untuk dikonsumsi. Proses perawatannya pun terbilang mudah. Umumnya rasa madunya cenderung ke asam dan manis.

Baca Juga: Manisnya Madu Dari Lahan Tidur

Sayed Muhammad Ali, salah satu peternak madu kelulut. Ia mulai merasakan hasil dari panen madu kelulut.

Sayed sendiri awalnya memiliki 70 sarang lebah kelulut di pekarangan rumahnya untuk menjaga kualitas madu. Dalam satu sarang, ia dapat memanen setengah kilogram madu.

Madu dijual  dengan harga Rp 100.000 dalam botol kecil, serta Rp 600.000 dalam 1 kilogram madu.

Baca Juga: Madu Murni Asal Lampung ini Kebanjiran Pesanan

Kelulut jenis lebah tidak bersengat, namun dia juga menghasilkan madu layaknya lebah bersengat. Namun, di Aceh sedikit orang yang membudidayakan madu linot.

Madu kelulut memiliki beberapa khasiat, seperti membantu melancarkan peredaran darah dalam tubuh, menjadi obat diabetes, meningkatkan nafsu makan. 

Penulis : Dian Septina


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!


BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Vaksinasi Covid-19 Perdana di Jambi

Sabtu, 16 Januari 2021 | 17:29 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
17:48
WHO: NEGARA MISKIN AKAN TERIMA VAKSIN PERTAMA COVID-19 PADA KUARTAL 1 2021   PALESTINA AKAN GELAR PEMILU PRESIDEN DAN PARLEMEN UNTUK PERTAMA KALI SETELAH 15 TAHUN   SEKJEN PBB ANTONIO GUTERRES SERUKAN NEGARA-NEGARA DI DUNIA BERBAGI VAKSIN COVID-19   BNPB: PELABUHAN HINGGA RUMAH SAKIT RUSAK BERAT AKIBAT GEMPA DI SULBAR   PEMKOT PALANGKA RAYA TERAPKAN PEMBERLAKUAN PEMBATASAN KEGIATAN MASYARAKAT MULAI 17-31 JANUARI 2021   BAKAMLA KERAHKAN KN SINGA LAUT UNTUK BANTU KORBAN GEMPA DI SULBAR   BPBD PUSATKAN TITIK PENGUNGSIAN DI STADION MAMUJU DAN AREA KANTOR GUBERNUR SULBAR   BPPT: BANJIR DI KALSEL DIKARENAKAN HUJAN EKSTREM   TIM DVI POLRI TERIMA 162 KANTONG JENAZAH KORBAN KECELAKAAN SRIWIJAYA AIR SJ182   KASAL KERAHKAN PRAJURIT, ALUTSISTA, & BANSOS UNTUK OPERASI SAR SRIWIJAYA AIR, GEMPA MAMUJU, & BANJIR MARTAPURA   KOGABWILHAN MENYATAKAN PASIEN COVID-19 DI RSD WISMA ATLET YANG DINYATAKAN SEMBUH MENCAPAI 42.664 ORANG   KAPOLRI INSTRUKSIKAN SELURUH POLDA BANTU RUMAH SAKIT TINGKATKAN KAPASITAS RUANG ISOLASI   HINGGA 16 JANUARI 2021, ADA 143.517 KASUS AKTIF COVID-19 DI INDONESIA   SATGAS PENANGANAN COVID-19 SEBUT SEBANYAK 8.662 ORANG DINYATAKAN SEMBUH DARI VIRUS KORONA