Kompas TV regional berita daerah

Jembatan Penghubung 2 Desa Rusak

Kompas.tv - 30 Juni 2020, 10:09 WIB
Penulis : KompasTV Jember

PROBOLINGGO, KOMPAS.TV - Jembatan penghubung 2 Desa di Kabupaten Probolinggo Jawa Timur rusak dimakan usia. Warga harus memutar untuk bisa saling berinteraksi dan beraktivitas sehari-hari.

Jembatan bambu tersebut berada di Desa Resongo, Kecamatan Kuripan, Kabupaten Probolinggo. Jembatan ini menjadi satu-satunya jalur penghubung antar desa di 2 Kecamatan, yakni Desa Resongo, Kecamatan Kuripan dengan Desa Legundi, Kecamatan Bantaran.

Kondisi jembatan memprihatinkan. Bambu penunjang jembatan lapuk dan lepas. Warga yang melintas jadi was-was, karena takut jembatan ambruk.

Jembatan ini dibangun hasil swadaya masyarakat. Terbuat dari bambu, yang diikat dengan kawat dan dipaku. Jembatan memiliki panjang 25 meter dan lebar 1,5 meter.

Kondisinya yang rusak membuat warga tak bisa beraktivitas seperti pergi ke pasar dan sawah. Mereka kini harus melewati jalur utama yang jaraknya jauh, yakni 5 kilometer.

Namun beberapa warga tetap nekat melintasi jembatan ini, meski pernah terjatuh ke dasar sungai.

Salah satunya seorang tukang ojek, bernama Artawi. Ia memilih tetap melewati jembatan bambu, meski pernah terjatuh. Hal ini dilakukan untuk menghemat bensin kendaraan. Karena kalau lewat jalur utama, jauh sekali.

Warga berharap Pemerintah Daerah segera membangun jembatan yang layak untuk menunjang aktivitas mereka.

#JembatanRusak #PenghubungDesa #Lumajang

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x