Kompas TV nasional politik

Seminggu Setelah Presiden Jokowi Marah Gubernur Jawa Timur Kena Ultimatum

Kompas.tv - 29 Juni 2020, 23:30 WIB
seminggu-setelah-presiden-jokowi-marah-gubernur-jawa-timur-kena-ultimatum
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa (kiri) saat menyambut kehadiran Presiden Jokowi (kanan) di sela kunjungan kerja di Surabaya beberapa waktu lalu. (Sumber: ANTARA/HO-Humas Pemprov Jatim/FA)
Penulis : Johannes Mangihot

JAKARTA, KOMPASTV – Sekretariat Presiden mengunggah pernyataan Presiden Joko Widodo saat Sidang Kabinet Paripurna di Istana Negara, Kamis (18/6/2020).

Dalam video berdurasi 10.20 menit yang diunggah di kanal Youtube Sekretariat presiden itu Presiden Jokowi berulang-ulang mengingatkan para menteri di Kabinet Indonesia Maju bahwa saat ini Indonesia diambang krisis akibat pandemi Covid-19.

Tak hanya itu Presiden Jokowi juga berulang-ulang menekankan harus ada upaya extraordinary atau kerja yang luar biasa yang dilakukan para menteri dalam krisis ini.

Baca Juga: 9 Jenderal Ini Ikut Kena Semprot Presiden Jokowi Saat Sidang Kabinet Paripurna

Presiden meminta agar seluruh jajaran menteri harus memiliki perasaan yang sama untuk menanggulangi krisis akibat pandemi Covid1-19.

Jika hal itu tidak dapat dilakukan dan kinerja para menteri masih biasa-biasa saja, presiden tidak segan-segan untuk mengambil langkah tegas yakni membubarkan lembaga serta reshuffle atau perombakan kabinet.

“Bisa saja, membubarkan lembaga. Bisa saja reshuffle. Udah kepikiran ke mana-mana saya. Entah buat Perppu yang lebih penting lagi. Kalau memang diperlukan. Karena memang suasana ini harus ada, suasana ini tidak, bapak ibu tidak merasakan itu sudah. Artinya tindakan-tindakan yang extraordinary keras akan saya lakukan,” ujar Presiden Jokowi dalam video yang diunggah Sekretariat Presiden, Minggu (28/6/2020).

Seminggu setelah Sidang Kabinet Paripurna di Istana Negara, Presiden melakukan lawatan kerja ke Jawa Timur.

Baca Juga: Kasus Corona di Jatim Tertinggi, Presiden Jokowi: 2 Minggu Harus Terkendali

Provinsi yang dipimpin Khofifah Indar Parawansa itu beberapa kali menjadi daerah yang paling tinggi penambahan kasus baru Covid-19.

Dalam pertemuan dengan jajaran pimpinan di Provinsi Jawa Timur dan tim gugus tugas, Presiden Jokowi meminta agar pemerintah daerah di Jawa Timur serius dalam menekan angka penyebaran Covid-19.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.