Kompas TV nasional sapa indonesia

Jokowi Jengkel, Akankah "Reshuffle" Kabinet Dilakukan?

Senin, 29 Juni 2020 | 22:41 WIB

KOMPAS.TV - Ancaman perombakan kabinet , menjadi puncak kemarahan Presiden Joko Widodo.

Presiden kecewa , atas kinerja para menteri yang dinilainya lamban, di saat  negeri ini harus terus bergerak , menyesuaikan diri di tengah tantangan dan "kecepatan" kasus Covid-19.

Kemarahan Presiden Joko Widodo tak terbendung lagi. Di saat negeri ini tengah berpacu dengan waktu dan angka.

Untuk memulihkan ekonomi dari dampak Covid-19. Tapi kinerja para menteri justru dinilai presiden tidak maksimal.

Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto , menjadi salah satu menteri mendapat teguran keras.

Presiden jokowi juga meradang , akan lambannya stimulus ekonomi, para menteri terkait untuk di bidang insentif usaha dan UMKM.

Berdasarkan paparan realisasi APBN 15 Juni 2020 lalu, pemerintah menganggarkan 695 triliun rupiah untuk penanganan Covid-19 di berbagai bidang .

Di bidang perlindungan sosial, dari anggaran lebih dari 200 triliun baru terserap 28 persen.

Sementara itu di bidang insentif usaha , dari anggaran 120 triliun , baru terserap 6,8 persen.

Di bidang UMKM , dari anggaran 120 triliun , baru terserap 0.06 persen.
serapan anggaran rendah juga terjadi di bidang pembiayaan korporasi dan kementerian dan lembaga.

Terkait kemarahan Presiden jokoWi , pada jajaran menteri kabinetnya , Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera , Mardani Ali Sera, menekankan, pentingnya sinergi antara pemerintah pusat dan daerah, yang menjadi kunci menyelesaikan tantangan bangsa ini.

Terkait sinergitas antar daerah , Presiden Jokowi mengingatkan jangan ada ego sektoral kementerian, lembaga, dan kedaerahan dalam penanganan dampak Covid-19 ini , dalam rapat terbatas pada senin siang.

Presiden kembali mengingatkan para menteri untuk melakukan terobosan luar biasa.

Penulis : Aleksandra Nugroho


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
18:12
WHO: NEGARA MISKIN AKAN TERIMA VAKSIN PERTAMA COVID-19 PADA KUARTAL 1 2021   PALESTINA AKAN GELAR PEMILU PRESIDEN DAN PARLEMEN UNTUK PERTAMA KALI SETELAH 15 TAHUN   SEKJEN PBB ANTONIO GUTERRES SERUKAN NEGARA-NEGARA DI DUNIA BERBAGI VAKSIN COVID-19   BNPB: PELABUHAN HINGGA RUMAH SAKIT RUSAK BERAT AKIBAT GEMPA DI SULBAR   PEMKOT PALANGKA RAYA TERAPKAN PEMBERLAKUAN PEMBATASAN KEGIATAN MASYARAKAT MULAI 17-31 JANUARI 2021   BAKAMLA KERAHKAN KN SINGA LAUT UNTUK BANTU KORBAN GEMPA DI SULBAR   BPBD PUSATKAN TITIK PENGUNGSIAN DI STADION MAMUJU DAN AREA KANTOR GUBERNUR SULBAR   BPPT: BANJIR DI KALSEL DIKARENAKAN HUJAN EKSTREM   TIM DVI POLRI TERIMA 162 KANTONG JENAZAH KORBAN KECELAKAAN SRIWIJAYA AIR SJ182   KASAL KERAHKAN PRAJURIT, ALUTSISTA, & BANSOS UNTUK OPERASI SAR SRIWIJAYA AIR, GEMPA MAMUJU, & BANJIR MARTAPURA   KOGABWILHAN MENYATAKAN PASIEN COVID-19 DI RSD WISMA ATLET YANG DINYATAKAN SEMBUH MENCAPAI 42.664 ORANG   KAPOLRI INSTRUKSIKAN SELURUH POLDA BANTU RUMAH SAKIT TINGKATKAN KAPASITAS RUANG ISOLASI   HINGGA 16 JANUARI 2021, ADA 143.517 KASUS AKTIF COVID-19 DI INDONESIA   SATGAS PENANGANAN COVID-19 SEBUT SEBANYAK 8.662 ORANG DINYATAKAN SEMBUH DARI VIRUS KORONA