Kompas TV regional berita daerah

Hobi Unik Mengkoleksi Uang Kuno

Kompas.tv - 29 Juni 2020, 17:10 WIB
Penulis : KompasTV Sukabumi

CIANJUR, KOMPAS.TV -Inilah koleksi uang kuno, milik Endang Sunarya, seorang bapak asal Kampung Warung Jambe, Kelurahan Sayang, Kabupaten Cianjur. Pria  berusia 50 tahun ini memang mempunyai hobi mengkoleksi uang kuno dari berbagai negara. Bahkan, uang kuno koleksinya ada yang berumur hingga ratusan tahun.

Semakin lama pecahan uang ini memang semakin berharga, terlebih bagi para kolektor uang kuno. Pada masanya uang-uang ini bernilai setara dengan nominalnya, namun saat ini, nilai uang kuno mungkin bisa lebih tinggi hingga bernilai fantastis. Bahkan baru- baru ini media sosial dihebohkan dengan pemberitaan uang pecahan seribu rupiah bergambar kelapa sawit yang dijual hingga ratusan juta rupiah.

Namun kabar tersebut dinilai tidak benar oleh sejumlah pihak, bahkan pihak bank Indonesia  mengutarakan bahwa uang logam cetakan tahun 90an itu masih berlaku sebagai mata uang rupiah,, sementara bagi Endang, nilai dari uang koleksinya ini bukan dilihat dari besaran nilai, melainkan tentang nilai sejarah yang menjadi kepuasan tersendiri.

Saat ini beragam jenis mata uang dan pecahannya Endang kumpulkan sejak masih duduk di bangku sekolah. Tidak hanya yang berusia ratusan tahun, bahkan beberapa mata uang koin terbuat dari logam perak dan emas.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x