Kompas TV nasional peristiwa

Kakesdam Angkat Bicara soal Video Dangdutan di RS Wisma Atlet yang Bikin Anji Emosi

Kompas.tv - 29 Juni 2020, 16:04 WIB
kakesdam-angkat-bicara-soal-video-dangdutan-di-rs-wisma-atlet-yang-bikin-anji-emosi
Sejumlah petugas tengah menikmati lantunan musik dangdut di RSD Covid-19 Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta, Sabtu (27/6/2020). (Sumber: Twitter/@duniamanji)
Penulis : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kepala Kesehatan Kodam (Kakesdam) Jaya Kolonel CKM Donny Guntur memberi klarifikasi viralnya video dangdutan di Rumah Sakit Darurat (RSD) Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta.

Menurut dia, acara dangdutan di RSD Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran pada Sabtu (27/6/2020) malam itu digelar untuk perpisahan pejabat dan petugas kesehatan.

"Acara itu juga hanya dilaksanakan sebentar. Intinya adalah pamitan beberapa pejabat dan petugas, lalu ada sedikit hiburan musik yang kemudian langsung diakhiri," ujar Donny saat dihubungi, Senin (29/6/2020), sebagaimana dikutip dari Kompas.com.

Baca Juga: Pengamat Sebut Jokowi Sengaja Mainkan Isu Reshuffle untuk Shock Therapy Menteri

Dalam penyelenggaraannya, Donny menuturkan, acara tersebut telah diatur dengan memenuhi protokol kesehatan.

Misalnya, pembatasan peserta, penggunaan masker, penyediaan tempat cuci tangan, pemeriksaan suhu tubuh, hingga ketentuan untuk menjaga jarak.

Donny menyatakan bahwa ketentuan pembatasan telah dilaksanakan.

Selain itu, yang bisa hadir dalam acara tersebut hanya petugas kesehatan dan kehadirannya pun diatur secara bergantian.

"Selain petugas kesehatan, tidak ada orang lain yang diizinkan masuk," kata dia.

Baca Juga: Pengusaha Jalan Tol Jusuf Hamka Jajal Jalan Tol Desari Seksi 2 Brigif-Sawangan

Acara Perpisahan

Dia menambahkan, acara dangdutan itu sebagai perpisahan karena beberapa pejabat dan petugas medis di RSD Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran telah melaksanakan tugasnya selama berbulan-bulan sejak awal operasional rumah sakit dadakan tersebut.

Ia menyatakan bahwa agenda tersebut juga hanya bersifat internal.

"Beberapa pejabat dan petugas medis telah mendapat perintah untuk melaksanakan tugas di tempat yang baru, sehingga beliau pamit dengan rekan-rekannya yang masih bertugas di RSD Covid-19 Wisma Atlet," ujar Donny.

Sebelumnya diketahui, video sejumlah petugas yang tengah menikmati acara dangdutan di RSD Covid-19 Wisma Atlet viral dan membuat netizen geram.

Video tersebut bahkan diunggah musisi Anji melalui akun Twitter-nya, @duniamanji. Anji pun tampak kesal dan menyampaikan kritik atas acara tersebut.

"Dangdutan di Wisma Atlet. Saya tahu izin kerumunan sudah dikeluarkan. Tapi tetap berjarak. Ini Nakes mau saling menularkan virus atau bagaimana? Oke saja sih seperti itu. Tapi izinkan musisi manggung lagi seperti ini. Kasian ribuan/jutaan musisi yang kehilangan pekerjaan," tulis Anji.

Baca Juga: Update Corona 29 Juni: 55.092 Positif, 23.800 Sembuh, 2.805 Meninggal

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.